6 Cara Mengelola Stres yang Baik, No 4 Bikin Bahagia Lahir dan Bathin

Ilustrasi wanita/marah/stres.
Sumber :
  • Freepik/wayhomestudio

VIVA Lifestyle  – Ketika anda sibuk dengan rutinitasi pekerjaan tak ada salahnya mengetahui cara mengelola stres yang baik akibat tuntutan yang menumpuk. Untuk menghindari bahaya stres berkepanjangan, penting untuk mempelajari teknik manajemen stres. Tujuannya untuk membantumu mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik. Menurut American Psychological Association, stres jangka panjang dapat berdampak buruk pada kesehatan. Kamu bisa mengalami sakit kepala, gangguan tidur, sakit perut, dan sulit berkonsentrasi. Bahkan, stres kronis bisa menyebabkan kecemasan, tekanan darah tinggi, insomnia, dan menurunnya sistem kekebalan tubuh. Hal ini dapat menyebabkan depresi, obesitas, hingga penyakit jantung. Dengan mengelola stres dengan baik, kamu pun akan lebih sehat secara fisik dan mental. 

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Dalam hidup, akan ada hari di mana kamu merasa stres karena pekerjaan, keluarga, percintaan, keuangan, atau hal lain. Kondisi ini memang umum terjadi pada kebanyakan orang yang mendapatkan tekanan. Berikut cara mengelola stres yang baik dilansir dari laman klikdokter:

1. Ketahui Pemicu Stres

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Ilustrasi wanita stres.

Photo :
  • U-Report

Salah satu cara manajemen stres adalah mengetahui pemicu timbulnya stres. Cara termudah mengetahuinya bisa dengan menulis jurnal selama 1-2 minggu. Menulis jurnal akan membantumu mengenali situasi mana yang paling membuatmu stres dan cara mengatasinya. Catat seluruh pikiran, perasaan, dan apa pun yang kamu rasakan. Jangan lupa mencatat reaksi yang kamu keluarkan.

Viral Bule Kanada Ungkap Pengalaman Nikah dengan Wanita Indonesia: Mereka yang Terbaik

2. Respons secara Sehat

Ilustrasi olahraga yoga

Photo :
  • Pexels

Daripada melawan stres dengan mengonsumsi makanan tidak sehat, kamu bisa mengatasinya dengan berolahraga. Lakukan gerakan yoga, lari, berenang, atau aktivitas fisik lain yang menyenangkan. Kamu pun bisa meluangkan waktu untuk melakukan hobi dan kegiatan kesukaanmu, baik itu membaca buku, pergi ke konser, atau bermain dengan keluarga.

Ketika sedang sedih, mungkin kamu bisa menemukan kebahagiaan dalam hal sederhana, seperti berjalan-jalan, bertemu teman, menulis diari, atau mencurahkan perasaan pada orang yang kamu percaya. Selain itu, pastikan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Hal ini menjadi langkah efektif dalam manajemen stres. Jangan lupa, batasi asupan kafein pada sore hari dan minimalkan penggunaan gadget saat malam hari.  

3. Tetapkan Batas

Libur tanpa ponsel.

Photo :
  • U-Report

Di era digital seperti saat ini, terkadang muncul tekanan untuk selalu siaga 24 jam sehari untuk bekerja. Namun, kamu perlu menetapkan batasan dalam pekerjaan. Misalnya, tidak memeriksa surel pada malam hari atau tidak menjawab panggilan telepon saat makan malam.

Meski beberapa orang memiliki preferensi berbeda dalam menentukan jam kerja, tetap penting untuk menciptakan batasan yang jelas terkait pekerjaan dan kehidupan. Hal tersebut dapat mengurangi potensi munculnya konflik dan stres dalam hidup.

4. Luangkan Waktu untuk Mengisi Energi

Ilustrasi liburan

Photo :
  • UNIQLO

Cara mengelola stres dengan baik adalah meluangkan waktu untuk mengisi energi. Proses pemulihan ini biasanya dilakukan saat hari libur. Manfaatkan waktu berlibur untuk beristirahat dan bersantai. Nantinya kamu bisa kembali bekerja dengan lebih siap dan lebih segar.

5. Buat Diri Menjadi Lebih Rileks

Orang Meditasi

Photo :
  • U-Report

Meditasi, latihan pernapasan, serta mindfulness dapat membantumu untuk menghilangkan stres. Cobalah untuk meluangkan beberapa menit setiap harinya untuk fokus pada aktivitas yang sederhana, seperti bernapas, berjalan, atau menikmati hidangan. Untuk bisa memusatkan perhatian pada satu aktivitas, kamu perlu melatihnya secara rutin.

6. Dapatkan Dukungan

Ilustrasi keluarga

Photo :
  • U-Report

Jika ada hal-hal yang mengganggu, cobalah untuk bicara pada orang yang kamu percaya. Kamu bisa curhat kepada anggota keluarga, teman, bahkan tenaga profesional sekalipun. Hal tersebut efektif untuk menurunkan tingkat stres yang dialami. Psikolog atau psikiater bisa membantumu untuk mengetahui cara mengelola stres dengan baik. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya