Gak Nyangka, 7 Makanan Ini Bisa Menyebabkan Hipertensi

Ilustrasi hipertensi.
Sumber :
  • Pixabay/rawpixel

VIVA Lifestyle – Tekanan darah tinggi juga dikenal sebagai hipertensi merupakan suatu kondisi yang ditandai dengan tekanan darah yang ekstrem terhadap dinding arteri. Tekanan darah tinggi yang konstan dapat menyebabkan masalah jantung, seperti stroke, serangan jantung, dan henti jantung. Lalu, apa yang menyebabkan kondisi ini?

Tega! Ibu di Rohil Cekoki Anak Tiri Kopi yang Dicampur Racun Tikus

Kebiasaan dan gaya hidup merupakan faktor risiko terbesar terjadinya hipertensi. Oleh karena itu, dokter menyarankan untuk menjaga dengan baik apa yang dikonsumsi dan dilakukan setiap hari untuk menjaga tekanan darah tetap terkendali. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Untuk itu, ada baiknya bagi sebagian orang, terutama  mereka yang berisiko kena hipertensi, lebih baik menghindari 7 makanan berikut yang bisa langsung menaikkan tekanan darah. Apa saja? Berikut ulasannya dilansir The HealthSite, Senin 24 Oktober 2022. 

Pantau Hotel & Dapur di Madinah, Menag Pastikan Fasilitas Layanan Jemaah Lansia

Gorengan
Gorengan tidak hanya buruk bagi kesehatan jantung, tetapi juga berbahaya untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Makanan ini bisa menjadi sumber dari beberapa penyakit kronis lainnya. Makanan yang digoreng mengandung lemak jenuh dan garam. Keduanya adalah musuh terbesar tekanan darah, karena bisa langsung membuat tekanan darah Anda melonjak. 

Ilustrasi gorengan

Photo :
  • Pixabay/pexels
IISM dan Indonesia Cold Chain Expo 2024 Tawarkan Inovasi Teknologi Rantai Pasokan Bisnis makanan

Garam
Perhatikan dengan cermat berapa banyak garam yang Anda konsumsi, terlebih jika Anda berisiko terkena hipertensi. Disarankan untuk mengonsumsi kurang dari 5 gram setiap hari agar terhindar dari cengkeraman tekanan darah tinggi. 

Makanan kalengan, beku dan olahan
Makanan-makanan tersebut mengandung garam olahan dalam jumlah yang sangat besar untuk mempertahankan rasa. Namun hati-hati, ini dapat menyebabkan lonjakan tekanan darah Anda secara tiba-tiba. Cobalah untuk menambahkan lebih banyak buah dan makanan segar dalam menu sehari-hari untuk menjaga kesehatan jantung dan tetap bugar. 

Kafein
Hindari konsumsi teh, kopi atau minuman energi dalam jumlah besar. Karena mengandung kafein, minuman-minuman tersebut dapat meningkatkan tekanan darah. 

Alkohol
Pasien hipertensi sangat dianjurkan untuk mengurangi konsumsi alkohol. Minuman ini tidak hanya memengaruhi kesehatan jantung, tetapi juga menyebabkan tekanan darah tinggi, yang dapat mengancam jiwa. 

Ilustrasi minuman ringan atau minuman bersoda.

Photo :
  • Pixabay/ PDPics

Soda
Minuman bersoda juga penuh dengan gula olahan dan kalori kosong. Lebih baik hilangkan minuman ini dalam diet Anda, karena dapat menyebabkan obesitas, yang merupakan faktor risiko utama hipertensi dan penyakit jantung parah. 

Bumbu dan rempah-rempah tertentu
Ganti garam biasa Anda dengan garam rendah sodium. Juga, jangan konsumsi saus, kecap, saus salad, dan lain-lain karena dikemas dengan garam dalam jumlah tinggi yang buruk untuk tekanan darah Anda. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya