Resep Herbal Bunga Belimbing Wuluh Atasi Radang Tenggorokan

Ilustrasi Belimbing Wuluh
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Musim hujan saat ini memicu perubahan pada tubuh, tak terkecuali munculnya sakit radang tenggorokan yang menghambat asupan nutrisi tepat. Kendati begitu, isu obat sirup yang tengah ramai dibicarakan membuat masyarakat enggan mengonsumsinya.

5 Penyakit yang Rentan Menyerang Kucing Peliharaan

Untuk itu, pakar herbal dr. Dian Elco Nora,M.Si, menuturkan bahwa salah satu penanganan yang dapat dicoba dengan tanaman herbal yang berkhasiat meredam nyeri tenggorokan. Dokter Nora menyebut tanaman belimbing wuluh sudah terbukti memiliki khasiat tersebut, baik itu buahnya, bunga, dan daun. Scroll yuk selengkapnya.

"Fakta bunga belimbing wuluh dapat hilangkan lendir karena sakit tenggorokan. Bunga belimbing wuluh semua bagian bisa sebenarnya dikonsumsi. Tapi hati-hati untuk yang kontraindikasi," jelasnya, dalam acara Hidup Sehat, TvOne, Senin, 24 Oktober 2022.

8 Tips Menghilangkan Cegukan, No 8 Paling Unik

sakit tenggorokan

Photo :
  • Times of India

Kontraindikasi yang dimaksud adalah pada penderita gangguan ginjal. Sebab, belimbing wuluh memiliki kalsium oksalat yang cukup tinggi sehingga khawatir justru membuat fungsi ginjal terganggu. Namun untuk yang kondisi sehat, belimbing wuluh dapat dipakai untuk atasi gangguan saluran napas.

Rahasia Cantik Alami: Ini Manfaat Luar Biasa Belimbing Wuluh untuk Kesehatan dan Kecantikan

"Sudah uji lab bisa hambat bakteri yang ada di saluran napas. Kalau tidak ada masalah, silakan. Bisa dipadukan dengan adas manis. Beri rasa hangat dan sebagai antioksidan. Caranya mudah juga," kata dia.

Menurut dokter Dian Elco Nora bahwa adas manis pun berkhasiat melegakan tenggorokan sehingga membuat radang lebih mudah diatasi. Selain itu, aroma yang menyenangkan dari uap seduhan ramuan herbal itu berfungsi sebagai aromatherapy.

"Aromanya juga sebagai aromateraphy karena ada minyak atsiri yang diproduksi," tutut dr. Dian Elco Nora.

Ramuan herbal atasi radang tenggorokan

1 genggam bunga belimbing wuluh
Adas manis sejumput
Gula batu secukupnya
1/4 cangkir air

Cara membuat: 

Cuci semua bahan
Bunga belimbing wuluh dan adam manis dilumatkan
Ambil 1-2 sendok makan, seduh dengan air
Minum 2x pagi dan sore.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya