Tanda di Bokong Ini Bisa Ungkap Kolesterol Sedang Tinggi

Ilustrasi bokong sakit
Sumber :
  • express.co.uk

VIVA Lifestyle –  Tingkat kolesterol "jahat" yang tinggi dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan Anda dan meningkatkan pembentukan plak di arteri Anda. Sebuah portal kesehatan Saint Luke menjelaskan, plak adalah bahan lilin yang terbuat dari kolesterol dan hal-hal lain.

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

“Bila Anda memiliki terlalu banyak plak, arteri Anda bisa menyempit dan membatasi aliran darah.” Ketika pembuluh darah menyempit sebagai akibatnya, aliran darah ke kaki Anda juga menjadi terbatas, yang mengarah ke tanda "pertama terlihat". Scroll untuk simak artikel selengkapnya.

Kurangnya aliran darah ke kaki Anda terkadang dapat menyebabkan kondisi "umum" yang dikenal sebagai penyakit arteri perifer (PAD), Klinik Cleveland menjelaskan.

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

Menurut portal kesehatan tersebut yang dikutip dari laman Express.co.uk, gejala "pertama" PAD mungkin adalah nyeri kaki. Namun, rasa sakit ini tidak hanya menyerang di area ini karena juga bisa menjalar hingga ke bokong Anda.

7 Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Protein untuk Kesehatan Tulang

Klinik Cleveland menyebutkan, mungkin akan merasakan rasa sakit di betis Anda, tetapi Anda mungkin juga merasakannya di bokong atau paha Anda.

“Rasa sakitnya bisa cukup parah sehingga membatasi kemampuan Anda untuk berpartisipasi dalam aktivitas yang Anda sukai, seperti bermain golf atau mengejar cucu.”

Portal kesehatan menambahkan bahwa hal itu dapat menyebabkan otot Anda mati rasa, lemah, berat dan lelah. Selain rasa sakit di bokong Anda, PAD juga dapat menyebabkan tanda-tanda lain, termasuk:

Klinik Cleveland menambahkan bahwa kondisi umum ini mempengaruhi jutaan orang tetapi sering kali “tidak terdiagnosis dan tidak diobati”.

Sama halnya dengan kolesterol tinggi, bahkan PAD tidak menyebabkan banyak gejala mencolok yang membuatnya sulit dikenali.

Karena sifatnya yang diam ini, cara yang paling dapat diandalkan untuk menentukan kadar kolesterol adalah dengan melakukan tes darah. Dokter akan mengambil darah dari lengan Anda atau melakukan tes tusukan jari, NHS menjelaskan.

Cara menurunkan kolesterol tinggi

Sayuran yang sehat untuk berdiet.

Photo :

Baik itu perubahan gaya hidup atau obat yang disebut statin, ada berbagai cara untuk mengambil level Anda dari zona bahaya.

Kunci untuk diet penghilang kolesterol adalah mengurangi lemak jenuh. Jadi, mengurangi asupan makanan seperti sosis, mentega, keju, dan biskuit adalah salah satu senjata terhebat di gudang senjata Anda.

Perubahan gaya hidup lain yang dapat bermanfaat bagi arteri Anda termasuk olahraga, berhenti merokok dan mengurangi alkohol.

Namun, dokter Anda mungkin juga memerintahkan Anda untuk minum obat penurun kolesterol yang dikenal sebagai statin dalam beberapa kasus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya