4 Cara Merawat Bulu Mata Agar Tidak Mudah Rontok dan Tetap Panjang

Ilustrasi alis atau bulu mata
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Bulu mata memiliki fungsi sebagai pelindung yang dirancang untuk menjaga agar debu tidak masuk ke dalam mata. Kelopak mata bawah biasanya memiliki antara 75 hingga 80 bulu mata dalam empat baris, sedangkan kelopak mata atas memiliki antara 90 hingga 160 bulu mata dalam lima atau enam baris.

Jangan Asal Pilih Lensa Kontak, Bisa Sebabkan 5 Masalah Serius Ini

Perlu kamu ketahui bahwa siklus hidup bulu mata adalah antara 4 dan 11 bulan. Bulu mata yang sehat dapat tumbuh hingga sekitar 12 milimeter dan memiliki sedikit lengkungan. Sehingga dibutuhkan cara merawat bulu mata agar mata terlihat semakin indah. 

Tentu setiap orang menginginkan bulu matanya menjadi indah dengan terlihat tebal dan lentik. Bulu mata rupanya juga membutuhkan perawatan sama seperti bagian tubuh yang lain. Lantas, bagaimana cara merawat bulu mata? Melansir dari Healthline, berikut ini cara-cara yang bisa dilakukan. Scroll ke bawah untuk simak selengkapnya. 

Bulu Mata, Salah Satu Kunci Penampilan Kris Dayanti

1. Menyisir, melembabkan dan menutrisi bulu mata

Bulu mata.

Photo :
  • Pixabay/Heike
7 Warna Bola Mata Paling Langka di Dunia, Hanya 2 Persen Populasi yang Punya

Cara merawat bulu mata yang bisa kamu lakukan di antaranya adalah menyisir, melembabkan dan menutrisi bulu mata. Kamu bisa menggunakan sisir bulu mata setiap hari untuk membantu menghilangkan kotoran dari bulu mata dan menjaga agar folikel tidak tersumbat.

Kamu juga bisa melembabkan bulu mata dengan menggunakan Vitamin E, jarak atau minyak almond agar tetap lembut dan lentur. Atau bisa juga menggunakan serum bulu mata. Serum bulu mata dapat dioleskan di atas ekstensi bulu mata. 

2. Beri bulu mata sedikit ruang

Ilustrasi alis atau bulu mata

Photo :
  • Pixabay

Jika bulu mata kamu pendek, kamu mungkin tergoda untuk melapisi maskara pada bulu mata agar meningkatkan penampilan bulu mata. Namun, disarankan agar kamu meminimalkan iritasi untuk membantu bulu mata tetap sehat dengan tidak menggunakan maskara setiap hari agar bulu mata juga tidak mudah rontok.

3. Tips menghapus riasan

3 Cara Mudah Bersihkan Maskara dan Eyeliner Tanpa Membuat Rontok Bulu Mata

Photo :
  • U-Report

Gunakan remover khusus untuk riasan mata pada kapas daripada pembersih wajah biasa atau tisu riasan. Usap mata dengan lembut dan jangan menggosok, apalagi menggaruknya agar tidak rontok.

Untuk melepas bulu mata palsu, lembutkan perekat apa pun dengan remover riasan mata. Jepit tepi luar strip bulu mata palsu dan tarik perlahan dari garis bulu mata. Selain itu, jaga kebersihan bulu mata palsu yang dapat digunakan kembali dengan menghilangkan perekat yang tertinggal dengan penghapus riasan.

4. Menutrisi tubuh

Protein Shake

Photo :
  • VIVA/ Sumiyati

Membuat beberapa perubahan pola makan dapat meningkatkan kesehatan bulu mata, bersama juga dengan kulit dan rambut. Pastikan kamu mengonsumsi cukup protein, sayuran hijau dan lemak sehat untuk mendukung pertumbuhan rambut yang sehat.

Kamu mungkin juga membutuhkan suplemen seperti biotin dan kolagen yang keduanya telah terbukti meningkatkan kesehatan rambut, begitu pula dengan bulu mata.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya