Bersepeda Bisa Bikin Berat Badan Turun Cepat? Begini Caranya!

Ilustrasi bersepeda
Sumber :
  • Pixabay/ Skeeze

VIVA LifestyleBersepeda merupakan salah satu latihan kardio yang sangat baik. Bersepeda dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, serta meningkatkan aliran darah, membangun kekuatan otot, dan menurunkan tingkat stres.

Ternyata Mr P Bisa Mendelep alias Masuk ke Dalam, Kok Bisa?

Selain itu, bersepeda diketahui juga dapat membantu membakar lemak, membakar kalori, dan menurunkan berat badan Anda. Namun untuk menurunkan berat badan, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui untuk latihan bersepeda yang efektif.

Lantas seperti apa? Berikut ini strategi yang perlu diperhatikan untuk mengoptimalkan penurunan berat badan dengan bersepeda mengutip laman Healthline.

Aktris Claudia Kim Rela Naik Berat Badan sampai 100 Kg Demi Perannya di The Atypical Family

Gisella Anastasia saat bersepeda.

Photo :
  • Instagram: Gisella Anastasia

?1.Perhatikan Kecepatan

Ngaku Dikekang Rizky Irmansyah, Nikita Mirzani: Gue Turun Berat Badan Sampai 5 Kg

Semakin cepat Anda bersepeda, semakin banyak kalori yang akan dibakar. Semakin banyak kalori yang dibakar, semakin besar kemungkinan berat badan Anda akan berkurang.

Bersepeda yang stabil dan sedang membakar sekitar 300 kalori dalam 60 menit, tetapi Anda dapat membakar lebih dari itu jika Anda meningkatkan intensitasnya.

Faktanya, menurut Surat Kesehatan Harvard, orang dengan berat 70kg dapat membakar sebanyak 298 kalori dalam bersepeda selama 30 menit, jika mereka mengayuh dengan kecepatan 19 hingga 22km per jam. Seseorang dengan berat 70kg dapat membakar 355 kalori dengan bersepeda dengan kecepatan ini.

Dan, dengan kecepatan lebih cepat sekitar 14 hingga 35km per jam, 70kg dapat membakar hingga 372 kalori hanya dalam 30 menit, sementara seseorang dengan berat 85kg dapat membakar 444 kalori dalam jangka waktu tersebut.

Ilustrasi bersepeda.

Photo :
  • Pixabay/ Unsplash

2. Pilih pelatihan interval intensitas tinggi (HIIT)

HIIT bisa menjadi cara yang bagus untuk menantang tubuh Anda dan bahkan mengurangi lemak dan menurunkan berat badan, jika itu tujuan Anda.

Dengan bersepeda, latihan HIIT mungkin terlihat seperti ini:

- Siklus secepat mungkin melawan resistensi tinggi selama 30 hingga 60 detik.

- Kemudian, lakukan bersepeda ringan selama 2 hingga 3 menit dengan resistansi rendah.

Ulangi pola ini selama 20 hingga 30 menit berikutnya.

Jenis latihan ini dapat membantu Anda membakar lebih banyak kalori dalam waktu yang lebih singkat, serta meningkatkan kebugaran kardio dan membantu Anda menghilangkan lemak juga.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2017, HIIT dan pelatihan berkelanjutan dengan intensitas sedang sama-sama mengurangi massa lemak sebesar 10% setelah 12 minggu. Namun, program HIIT memakan waktu lebih sedikit dan karenanya merupakan pilihan yang lebih praktis untuk pengurangan lemak.

3. Tingkatkan intensitas

Idealnya, Anda ingin memulai dengan perlahan saat mencoba membangun daya tahan. Jadi, jika Anda memulai dengan 10 hingga 15 menit bersepeda dalam satu sesi, Anda kemudian dapat menambahkan beberapa menit secara perlahan ke setiap sesi hingga Anda mencapai setidaknya 150 menit bersepeda dalam seminggu.

4. Cobalah cross training

Untuk menurunkan berat badan, American Council on Exercise (ACE) mengatakan Anda harus bersepeda pada tingkat yang cukup intens setidaknya selama 30 menit setiap kali. Untuk membakar lebih banyak kalori, Anda ingin bersepeda lebih lama.

ACE juga menyarankan menggabungkan dua aktivitas ke dalam satu sesi latihan silang untuk meningkatkan penurunan berat badan. Misalnya, Anda bisa bersepeda selama 20 hingga 30 menit, lalu coba aktivitas lain selama 20 menit lagi.

Berbicara mengenai bersepeda, toko sepeda premium di Ibukota, Technobike Indonesia menggelar Technofest Year End Sale 2022.  Digelar pada 19 November sampai dengan 18 Desember 2022 di Galeria Lot 6 SCBD Jakarta dan menghadirkan lebih dari 50+ Cycling Brand yang menawarkan barang-barang sepeda beserta perlengkapannya. Selain itu ada pula diskon menarik seperti dullbike and Frame dibandrol diskon up to 50% dan untuk aksesoris, parts dan lain-lain diskon mencapai 60%. Promo Beli 2 Gratis 1 Sepeda (Mendapatkan 3 Unit Sepeda, bebas pilih tipe apapun), Beli 1 Gratis 1 Sepeda (Mendapatkan 2 Unit Sepeda, item terpilih) hingga Apparel, Parts, Accessories, Eyewear disc up To 60 persen.

“Kami berharap, event Technofest Year End Sale 2022 ini bisa menjadi wadah bagi orang-orang khususnya warga ibukota untuk mengeksplorasi hobi dan minat mereka dalam dunia sepeda,” kata General Manager Technobike Indonesia, Hasri Sigalingging dalam keterangannya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya