Jangan Paksa Minum Kopi, Sensitif Kafein Berisiko Kena Penyakit Jantung

Ilustrasi kopi.
Sumber :
  • Freepik/freepik.diller

VIVA Lifestyle – Kopi mengandung kafein yang memiliki banyak manfaat kesehatan jika dikonsumi tanpa tambahan apa pun. Namun, kopi juga bisa memberikan efek sebaliknya, terutama pada orang-orang yang sensitif terhadap kafein. 

5 Rekomendasi Makanan untuk Ibu Menyusui Agar ASI Lancar

Dokter spesialis gizi klinik di Nutrif Clinic & Nutrif Farma di Bandung, dr. L. Arif Firiandri Yulius, Sp.GK, AIFO-K, bahkan menyarankan, masyarakat yang tidak kuat mengonsumsi kafein sebaiknya menghindarinya, karena berisiko terkena penyakit jantung. Scroll untuk info lengkapnya.

"Jika memiliki sakit lambung, juga memerlukan kehati-hatian dalam konsumsi kafein karena dapat memicu sakit lambung, sehingga proses pencernaan akan terganggu," ujar dokter Arif dalam keterangannya, Kamis 1 Desember 2022. 

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

"Selain itu, minuman yang mengandung kafein biasanya juga mengandung tanin yang mengganggu penyerapan zat besi," sambung dia. 

Ilustrasi gambar kopi.

Photo :
  • Freepik
5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Lebih lanjut Arif memaparkan, ada beberapa cara meningkatkan stamina tanpa harus mengonsumsi kafein maupun energy booster lainnya. Apa saja? 

"Makan gizi seimbang, meminum paling sedikit dua liter air, manajemen stres, tidur cukup dari 7-8 jam setiap hari, olahraga teratur satu jam sehari, tiga hingga empat kali seminggu dan jauhi alkohol berlebihan serta rokok," jelasnya. 

Product Manager Nutrafor Gold Coffee, Bagus Arigunanto, menambahkan, pada umumnya masyarakat memilih mengonsumsi produk penambah tenaga atau energy booster seperti kafein, ketika stamina tidak prima. 

"Akan tetapi, menggunakan produk tersebut secara berlebihan dan dalam jangka panjang berakibat buruk terhadap kesehatan, mengingat ginjal dan jantung diforsir bekerja lebih keras," kata dia. 

Padahal, menurut Bagus, multivitamin maupun mineral yang lengkap justru bisa memenuhi kebutuhan tubuh tetap bugar. Sebab selain memulihkan stamina, kesehatan juga akan terjaga. 

Ilustrasi minum kopi.

Photo :
  • U-Report

"Kebiasaan konsumen untuk memulihkan stamina dan mood dengan mengonsumsi energy booster, suplemen, jamu, atau kopi menjadi peluang yang menjanjikan ketika kata 'kopi' bisa dibuat menjadi 'bukan sekadar kopi'," pungkasnya. 

Lebih lanjut menurut Bagus, minuman serbuk kopi Nutrafor Gold Coffee, juga memiliki fungsi untuk menambah stamina, sembari memulihkan vitamin dan mineral yang hilang akibat aktivitas sehari-hari. Selain itu, minuman ini juga diklaim mengandung siberian ginseng. 

Menurut dr. Arif, siberian ginseng bermanfaat bagi kesehatan karena mengandung elemen-elemen yang bertindak sebagai antiperadangan, antitumor, antikanker, menjaga kesehatan liver, memperkuat sistem imun, melindungi sistem saraf, menangkal radikal bebas, dan menstabilkan gula darah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya