Atur Hormon Seks, Ternyata Kesehatan Usus Memengaruhi Gairah Seksual

Ilustrasi gairah seksual/bercinta.
Sumber :
  • Stocksnap

VIVA Lifestyle – Usus Anda melakukan lebih dari sekadar pencernaan, penyerapan, dan ekskresi makanan, menjadikannya salah satu pahlawan keajaiban yang kurang dihargai yaitu tubuh manusia. 

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Sistem kekebalan Anda berfungsi dengan baik, keadaan mental dan emosional Anda, serta sintesis dan ekskresi hormon semuanya dikendalikan oleh usus. Dan itu memengaruhi kesehatan seksual dan kemampuan Anda untuk hamil.  Scroll untuk simak artikel selengkapnya.

Sebagian besar bakteri yang berada di sistem pencernaan, terutama usus besar, membentuk mikrobioma usus Anda. Bakteri usus mengandung 100 triliun triliun sel bakteri: jauh lebih banyak dari gabungan seluruh sel tubuh Anda! 

Tantrum pada Anak, Apakah Ada Kaitannya dengan Makanan yang Dikonsumsi Sang Ibu Selama Kehamilan?

Meskipun ada juga bakteri jahat yang menyebabkan sakit dan penyakit, ada berbagai bakteri baik yang bekerja untuk mencerna dan menyerap makanan kita, mengirimkan neurotransmiter ke otak kita, melawan peradangan, dan memperkuat kekebalan tubuh. 

Jika Anda memiliki gejala pencernaan yang terlihat (gas, kembung, sembelit, diare, dll.) atau siklus menstruasi yang tidak konsisten, Anda mungkin harus memeriksa kesehatan mikrobioma Anda.

5 Manfaat Rebusan Air Daun Salam, Bisa Bantu Kurangi Kadar Gula Darah

?Bagaimana kesehatan usus memengaruhi kesehatan seksual Anda?

Aswati Nair, Konsultan Kesuburan, Kesuburan Nova IVF, Delhi mengatakan kesehatan usus sangat penting bagi Anda karena bertanggung jawab atas pengaturan hormon seks, estrogen

"Menurut analisis baru-baru ini, metabolisme estrogen dikompromikan dengan tidak adanya mikrobioma yang sehat, yang dapat menimbulkan berbagai efek negatif pada kesehatan, termasuk endometriosis, PCOS, hiperplasia endometrium, dan infertilitas,” kata dia.

Selain itu, penelitian telah mengaitkan ketidakseimbangan mikrobioma dengan risiko eksim, asma, dan alergi yang lebih tinggi. Sebaliknya, mikrobioma yang sehat tidak hanya membuat ibu tetap bugar dan sehat selama perjalanan kehamilannya, tetapi juga membantu memperkuat sistem kekebalan jangka panjang anak Anda, respons peradangan, dan berat badan yang sehat. 

Berikut adalah tiga hal yang dilakukan microbiome yang buruk terhadap kesehatan seksual Anda:

ilustrasi organ intim/vagina.

Photo :
  • Pixabay/pexels

1. Peradangan

Ketidakseimbangan mikroba dapat terjadi jika bakteri baik di perut dirugikan atau dikuasai oleh bakteri jahat. 

Ketidakseimbangan ini dapat menyebabkan respons peradangan kronis, yang pada gilirannya menghasilkan sel telur berkualitas buruk dan membatasi perkembangan embrio pada wanita, terutama pada wanita yang kelebihan berat badan atau mengonsumsi makanan tinggi lemak. Dengan meningkatkan dan mengoptimalkan flora usus, Anda dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan kesuburan secara signifikan.

2. Kesehatan vagina

Keragaman mikrobioma saluran reproduksi dapat dipengaruhi oleh keragaman mikrobioma usus, yang bukan merupakan sistem tertutup atau terisolasi. Sebenarnya, vagina mengandung spesies probiotik yang sama dengan yang secara alami ada di usus. 

Ini terdiri dari berbagai spesies lactobacillus yang membantu perkembangan lingkungan yang sehat dan ramah implantasi. Selain hadir, lactobacilli juga menghasilkan asam laktat, yang menurunkan pH lingkungan vagina dan mencegah patogen berbahaya berkembang di sana. 

Akibatnya, sering mengalami sariawan, infeksi saluran kemih, atau infeksi kandung kemih mungkin merupakan indikator bahwa usus Anda tidak berfungsi dengan baik; jika mikrobioma vagina terganggu, kesuburan juga dapat terpengaruh.

3. Metabolisme estrogen

Ilustrasi sperma.

Photo :
  • CCRM

Dr. Nair berkata, berlawanan dengan kepercayaan populer, kesehatan usus Anda dapat berdampak signifikan pada hormon estrogen, yang sangat penting untuk kesehatan reproduksi dan kesuburan pria dan wanita. 

"Salah satu mekanisme utama di mana mikrobioma usus mengontrol estrogen adalah enzim yang dikenal sebagai beta-glukuronidase, tetapi jika mikrobioma usus tidak seimbang, mekanisme ini dapat terganggu dan mengganggu detoksifikasi estrogen, sehingga meningkatkan risiko peningkatan kadar estrogen. atau dominasi estrogen," tutur dia.

Perkembangan gangguan yang memengaruhi kesehatan reproduksi dan infertilitas, seperti endometriosis atau sindrom ovarium polikistik pada wanita dan penurunan produksi sperma pada pria, kemudian dapat dipengaruhi oleh dominasi estrogen ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya