Tak Semua Bagus, Suplemen Ini Dikaitkan dengan Kanker dan Metastasis Otak

 Ilustrasi suplemen.
Ilustrasi suplemen.
Sumber :
  • Pixabay/Steve Buissinne

VIVA Lifestyle – Suplemen vitamin B3 (niasin), merupakan salah 1 dari 8 vitamin B esensial yang sangat penting untuk menjaga kesehatan. Namun, berbagai sumber menyebutkan bahwa niasin yang dikonsumsi seseorang dapat memengaruhi risiko kanker

Faktanya, penelitian yang diterbitkan awal tahun ini mengaitkan satu suplemen B3 dengan perkembangan dan penyebaran kanker payudara yang mematikan. Temuan menunjukkan, vitamin ini dapat memicu perkembangan kanker di otak dalam kasus yang ekstrem. Scroll untuk info lengkapnya.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Missouri (MU), juga menemukan suplemen-suplemen nicotinamide ribosom (NR) tersebut sebenarnya dapat meningkatkan risiko kanker payudara triple-negatif.

Ilustrasi sel kanker.

Ilustrasi sel kanker.

Photo :
  • Pixabay

Menurut temuan yang diterbitkan dalam jurnal Biosensors and Bioelectronics, suplemen tersebut mungkin terkait dengan peningkatan ekspresi gen yang terlibat dalam pertumbuhan sel kanker. Padahal vitamin yang dijual secara komersial disebut dapat bermanfaat bagi sistem kardiovaskular, metabolisme dan saraf. 

Sebuah tim peneliti internasional di University of Missouri, mengatakan, bagaimana pun, menantang pandangan yang diterima secara luas ini di mana dapat meningkatkan risiko kanker payudara, bila dikonsumsi dalam dosis tinggi. Studi ini juga menemukan bahwa kanker triple-negatif dapat bermetastasis dan menyebar ke otak. 

Menurut American Cancer Society, kanker payudara triple-negatif dianggap sebagai kanker agresif karena tumbuh dengan cepat. Ini berarti, kanker ini lebih mungkin menyebar pada saat terdiagnosis dan lebih mungkin untuk kambuh meski sudah menjalani perawatan, dibanding dengan jenis kanker lainnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title