Petani Waspadai Infeksi Bakteri Leptospira Saat Musim Panen Padi Tiba

Petani
Sumber :
  • Agus Wibowo/ tvOne

VIVA Lifestyle –  Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan mengimbau masyarakat untuk menjaga kesehatan saat musim panen tiba, khususnya mereka yang memang bekerja sebagai tukang panen padi keliling ke beberapa wilayah.

Keberadaan Astronot Terancam, Hal Mengerikan Ini Muncul di Luar Angkasa

Pesan yang sangat  ditekankan oleh Dinkes adalah menghindarkan warga yang memiliki luka untuk tidak turut memamen padi di area persawahan, tidak berada di selokan aliran air pertanian atau bahkan ladang. Hal ini karena banyak penyakit yang dapat ditimbulkan di antaranya yang tengah merebak saat ini adalah leptospirosis.

“Kita kadang mengabaikan dengan tidak menggunakan alat pelindung seperti sepatu saat berada di lahan pertanian.Untuk saat ini kami minta petani atau masyarakat  untuk meningkatkan dan mengetahui bahayanya. Leptospirosis tengah mewabah dan sudah menjangkiti ratusan orang,” kata drg. Nurfarida, Kepala Bidang Pencegahan dan Penularan Penyakit Kamis, 2 Maret 2023.

Pendingin Udara Ini Bisa Mendeteksi Pergerakan Manusia

Rumah Sakit Umum Daerah dr Darsono

Photo :
  • Agus Wibowo/ tvOne

Seseorang yang menderika luka, kemudian terendam air yang sudah terkontaminasi dengan kotoran/kencing tikus yang mengandung bakteri lepstopira, berpotensi terinfeksi.

Kenapa Vagina Wanita Bau Seperti Ikan Amis Busuk?

drg Nurfarida menambahkan, semua pihak harus menyadari bahaya bagi kesehatan.utamanya bakteri leptospora ini.

“Ini juga harus disosialisasikan  kepada masyarakat agar tahu pencegahannya. Secepatnya juga kita akan terus mengatasi dan upaya pencegahan jangan sampai leptosporosis menjadi kejadian luar biasa (KLB),” tambahnya.

Selain musim panen, musim penghujan juga harus diwaspadai. Penyakit-penyakit yang sering terjadi di musim penghujan adalah Diare, Demam berdarah. Musim hujan juga menjadi pemicu Leptospirosis semakin meluas.

Petani

Photo :
  • Agus Wibowo/ tvOne

Penyakit leptospirosis disebabkan oleh bakteri yang disebut leptospira. Penyakit ini termasuk salah satu penyakit zoonosis, karena ditularkan melalui hewan. Hewan penular utamanya adalah tikus melalui kotoran dan air kencingnya. 

Pada musim hujan khususnya ketika banjir, tikus-tikus yang tinggal di liang-liang tanah akan ikut keluar menyelamatkan diri. Tikus tersebut akan berkeliaran di sekitar manusia, di mana kotoran dan kencingnya akan bercampur dengan air dan tanah.

Faktor kebersihan lingkungan memegang peranan penting untuk mencegah atau setidaknya mengurangi resiko meluasnya penyebaran bakteri.

Laporan: Agus Wibowo/ Pacitan/ tvOne

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya