Millen Cyrus Akui Payudaranya Ada Susu, Ternyata Ini Alasan Pria Bisa Produksi ASI

Millen Cyrus.
Sumber :
  • Instagram @millencyrus

VIVA Lifestyle – Millen Cyrus kembali jadi sorotan netizen dengan blak-blakan soal rahasia payudaranya yang mengeluarkan Air Susu Ibu (ASI). Transgender 23 tahun itu sebelumnya sempat menuai kontroversi dengan melakukan operasi implan payudara yang diakuinya memicu produksi ASI.

Akhir Kasus Pria Kribo yang Makan dengan Bayar Semaunya di Warteg Jakpus

"Nipple (puting) aku justru bisa ngeluarin susu. Ini yang aku enggak pernah buka di podcast siapapun," kata dia mengutip kanal YouTube Nexera Entertainment. 

Dijelaskan Millen, payudaranya bisa mengeluarkan ASI karena dengan obat hormon yang dikonsumsinya. Bahkan, hal ini sudah diperiksanya ke dokter.

2 Tahun Tak Terlihat, Pria di Tangerang Ditemukan Sudah Jadi Tulang Belulang

Millen Cyrus

Photo :
  • Instagram @millencyrus

"Cuman karena aku take hormon, jadi kalo kebanyakan bisa ngeluarin air susu. Dan warnanya putih, sudah aku cek ke dokter," papar Millen.

Kasus Pemuda di Cianjur Nikahi Wanita yang Ternyata Pria, Endingnya Begini

Namun, bisakah seorang pria benar-benar memproduksi ASI?

Dikutip laman Good RX, Jawaban singkatnya adalah, ya, siapapun bisa menyusui. ASI dibuat di kelenjar susu payudara. Biasanya, laktasi terjadi sebagai respons terhadap kehamilan dan perubahan hormon terkait kelahiran. Meski jarang, terkadang orang yang tidak hamil atau menyusui, termasuk pria, menghasilkan susu dari putingnya. Ketika ini terjadi, itu biasanya merupakan tanda dari masalah yang mendasarinya.

Semua anak-anak dan remaja memiliki sedikit jaringan payudara. Jika jaringan itu terkena hormon seperti estrogen dan progesteron selama masa pubertas, jaringan itu berkembang menjadi payudara yang mampu menghasilkan susu. Tapi susu biasanya hanya dibuat pada akhir kehamilan dan saat menyusui.

Bahkan untuk orang yang tidak mengembangkan payudara penuh saat pubertas, laktasi masih memungkinkan, jika tidak biasa. Galaktorea adalah istilah medis untuk produksi ASI yang bukan karena kehamilan atau menyusui.

Ilustrasi payudara

Photo :
  • Pixabay/ Foundry

Apa yang membuat pria memproduksi ASI?

Sebagian besar kasus galaktorea pria disebabkan oleh tingginya kadar hormon yang disebut prolaktin. Prolaktin adalah hormon manusia yang merangsang produksi ASI. Setiap orang memiliki sejumlah kecil prolaktin dalam darahnya, tetapi biasanya tidak cukup untuk menghasilkan ASI.

Hiperprolaktinemia adalah istilah medis untuk seseorang yang memiliki kadar prolaktin tinggi yang tidak normal tetapi tidak hamil atau menyusui. Ketika kadar prolaktin tinggi, kelenjar susu di payudara menghasilkan susu.

Mari kita lihat beberapa penyebab umum hiperprolaktinemia.

Tumor hipofisis

Prolaktinoma adalah tumor jinak di kelenjar hipofisis, bagian otak yang membuat prolaktin. Jenis tumor ini adalah penyebab utama hiperprolaktinemia dan laktasi yang tidak diinginkan.

Ilustrasi pria telanjang

Photo :
  • Pixabay

Hipotiroidisme

Hipotiroidisme, tiroid yang kurang aktif, adalah penyebab hiperprolaktinemia lain yang kurang umum. Banyak sirkuit hormon dalam tubuh yang terhubung, jadi ketika salah satu mengalami disregulasi, hormon lain juga sering terpengaruh. Kadar hormon tiroid yang rendah dapat menyebabkan aktivitas ekstra di kelenjar pituitari. Dan, jika sel-sel di hipofisis yang mengontrol prolaktin distimulasi secara berlebihan, hal itu dapat menyebabkan hiperprolaktinemia.

Efek samping obat

Beberapa obat dapat menyebabkan hiperprolaktinemia dan perkembangan payudara abnormal pada pria, yang disebut ginekomastia. Berikut adalah beberapa obat yang lebih umum yang dapat menyebabkan ini:

- Antipsikotik tertentu: haloperidol (Haldol), risperidone (Risperdal), chlorpromazine, dan fluphenazine
- Obat mual: metoclopramide (Reglan)
- Obat antidepresan: seperti fluoxetine (Prozac) dan sertraline (Zoloft)
- Obat opioid: seperti morfin dan metadon
- Obat tekanan darah: verapamil

Efek samping pria memiliki kadar prolaktin yang tinggi

Ilustrasi pria

Photo :
  • Instagram/aminiofficialshop

Kadar prolaktin yang tinggi pada orang yang berjenis kelamin laki-laki dapat menyebabkan berbagai gejala dan masalah yang berkaitan dengan seks dan penampilan fisik, yang mungkin sulit untuk dihadapi. Ini termasuk:

Galaktorea: laktasi abnormal

Ginekomastia: pertumbuhan jaringan payudara yang tidak normal

Testosteron rendah: perubahan hormonal yang dapat menyebabkan rendahnya gairah seks, penipisan tulang, berkurangnya massa otot, dan hilangnya rambut tubuh

Infertilitas: jumlah sperma rendah, disebabkan oleh kurangnya produksi sperma terkait dengan kadar prolaktin yang tinggi

Disfungsi ereksi: kesulitan mendapatkan dan mempertahankan ereksi yang cukup untuk memuaskan hubungan seksual

Meskipun sebagian besar penyebab laktasi tidak mengancam nyawa, jangan abaikan masalahnya. Sangat jarang, laktasi mungkin merupakan tanda kanker payudara.

Penting untuk segera menemui penyedia perawatan primer Anda jika Anda melihat salah satu dari gejala yang mengkhawatirkan ini antara lain laktasi hanya dari satu payudara  perubahan kulit di sekitar puting atau payudara, massa keras atau keras yang bisa Anda rasakan di payudara, dan darah keluar dari puting.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya