5 Keajaiban Puasa Ramadan untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Turunkan Berat Badan

Ilustrasi berbuka puasa.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Puasa adalah salah satu ibadah dalam agama Islam yang dilakukan dengan menahan diri dari makan, minum, dan aktivitas lainnya dari terbit fajar hingga terbenam matahari, selama bulan Ramadan yang merupakan bulan kesembilan dalam kalender Islam. 

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Selain itu, puasa juga dapat dilakukan di luar bulan Ramadan sebagai bentuk ibadah tambahan atau sebagai kewajiban dalam rangka melunasi kewajiban yang tertunda atau tidak terpenuhi pada bulan Ramadan sebelumnya. 

Puasa memiliki makna spiritual dan nilai sosial yang penting dalam agama Islam, di antaranya adalah meningkatkan kesabaran, memperkuat rasa empati dan solidaritas sosial, serta membantu mengendalikan hawa nafsu dan menumbuhkan rasa ketaqwaan kepada Allah SWT. Nah, berikut adalah deretan keajaiban puasa dilansir dari berbagai sumber. 

5 Tips Ampuh untuk Hilangkan Lemak Perut yang Bikin Susah Gerak

1. Menurunkan Gula Darah

Seorang pria mengecek gula darah diabetes

Photo :
  • Eat This
Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Sejumlah penelitian sudah menemukan bahwa keajaiban puasa bisa meningkatkan kontrol gula darah yang dapat berguna untuk mereka yang berisiko diabetes. Sementara itu, ulasan lain menemukan bahwa puasa intermiten dan puasa lainnya sama efektifnya dengan membatasi asupan kalori dalam mengurangi resistensi insulin. 

Mengurangi resistensi insulin bisa meningkatkan sensitivitas tubuh kamu terhadap insulin, memungkinkannya untuk memindahkan glukosa dari aliran darah ke sel-sel tubuh lebih efisien. Ditambah dengan efek penurunan gula darah potensial puasa sehingga bisa menjaga gula darah tetap stabil. 

2. Memerangi Peradangan

Ilustrasi penderita radang tenggorokan.

Photo :
  • U-Report

Sedangkan peradangan akut merupakan proses kekebalan normal yang dipakai untuk membantu melawan infeksi, peradangan kronis bisa mempunyai konsekuensi serius untuk kesehatan. Penelitian memperlihatkan bahwa peradangan mungkin terlibat dalam perkembangan kondisi kronis, seperti jantung dan kanker. 

Sejumlah penelitian menemukan bahwa puasa bisa membantu mengurangi tingkat peradangan dan membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Sebuah penelitian pada 50 orang dewasa yang sehat memperlihatkan bahwa puasa selama satu bulan secara signifikan menurunkan tingkat penanda inflamasi. 

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ilustrasi serangan jantung

Photo :
  • Eat This

Sebuah studi kecil mengungkap bahwa puasa delapan minggu bergantian bisa mengurangi kadar kolesterol jahat. Sedangkan penelitian lain pada 110 orang dewasa yang gemuk memperlihatkan bahwa puasa selama tiga minggu bisa menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan kolesterol LDL ‘buruk’. 

4. Menurunkan Berat Badan

Tips menaikkan berat badan

Photo :
  • Times of India

Sejumlah penelitian menemukan bahwa puasa jangka pendek bisa meningkatkan metabolisme dengan meningkatkan kadar neurotransmitter norepinefrin yang bisa meningkatkan penurunan berat badan. Bahkan, sebuah penelitian memperlihatkan bahwa puasa bisa mengurangi berat badan sampai 9% dan mengurangi lemak tubuh dalam 12-24 minggu. 

5. Belajar Kebiasaan Sehat

Makanan sehat

Photo :
  • Eat This

Bila kamu terbiasa banyak makanan manis dalam kehidupan sehari-hari, maka Ramadan bisa menjadi saat yang tepat untuk berhenti melakukan kebiasaan tersebut. Ketika matahari terbenam, kamu bisa memilih untuk memberi makan tubuh dengan makanan yang diubah menjadi glukosa secara perlahan seperti biji-bijian dan makanan berserat tinggi. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya