Cegah Bahaya, IDAI Sarankan Bawa Obat Penting Ini saat Mudik

Ilustrasi obat/vitamin.
Sumber :
  • Freepik

VIVA Lifestyle – Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menjelaskan sejumlah obat-obatan yang penting dibawa selama momen mudik Hari Raya Idul Fitri nanti. Bukan tanpa alasan, bahaya di perjalanan selama mudik dapat terjadi pada seluruh anggota keluarga, termasuk anak-anak.

Temuan Survei Indikator: Publik Puas Kinerja Polri Selama Mudik Lebaran 2024

Mudik dengan kendaraan pribadi mau pun transportasi umum sama berisikonya terhadap kesehatan tubuh. Maka dari itu, Ketua Unit Kerja Koordinasi IDAI Dr. dr. Ririe Fachrina, Sp.A(K)., menjelaskan agar selalu membawa perlengkapan obat-obatan untuk mencegah risiko kesehatan tersebut. Scroll untuk info selengkapnya.

Salah satunya, risiko kecelakaan lalu lintas di jalan raya yang dapat terjadi akibat perubahan peraturan lalu lintas atau pun kepadatan kendaraan. Maka dari itu, dokter Ririe menganjurkan selalu membawa peralatan P3K termasuk perban, plester luka, dan cairan antiseptik.

Catat, Dokter Sarankan Jemaah Haji Bawa Obat-obatan Ini ke Tanah Suci

Peralatan P3K atau Pertolongan pertama

Photo :
  • Pixabay

"Kami mengingatkan para orangtua bahwasanya persediaan untuk alat P3K sebaiknya dibawa karena banyak hal kemungkinan terjadi," kata dokter Ririe saat webinar IDAI, Selasa 4 April 2023.

Jaga Kesehatan, Ini Obat-obatan yang Perlu Dibawa Jemaah Haji

Yang juga cukup berisiko ketika terjadi perubahan cuaca di perjalanan atau dari tiap daerah berbeda. Menurut dokter Ririe, perubahan cuaca itu berdampak pada perubahan tekanan udara pada tubuh sehingga memicu mimisan serta dehidrasi

"Kemudian dehidrasi, jadi apabila terjadi kecelakaan paling tidak kita sudah bawa kit di dalam kendaraan kita," lanjut dokter Ririe.

Senada, sekretaris bidang alergi imunologi IDAI dr. Endah Citraresmi, Sp.A(K)., menyebutkan bahwa kondisi penyakit yang rentan mengintai saat mudik adalah diare atau muntah yang juga memicu dehidrasi. Bahkan, kondisi kombinasi dari muntah berak (muntaber) juga sangat rentan terjadi. Maka dari itu, butuh oralit yang berfungsi sebagai larutan pengganti cairan tubuh yang hilang akibat kondisi tersebut.

"Obat oralit itu penting karena kasus muntaber saat Lebaran juga banyak. Itu penting saat Lebaran untuk mencegah dehidrasi, jadi harus membawa oralit," jelasnya.

Selain itu, obat lainnya yang juga dibutuhkan yang rentan berisiko dialami anak mulai dari demam, pilek dan batuk. Meski tak begitu penting, namun tak ada salahnya untuk tetap membawanya dalam persediaan saat mudik sehingga tetap nyaman dalam perjalanan.

"Yang penting itu oralit kemudian obat maag," tambah dokter Endah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya