Soal Pengobatan Ida Dayak, Spesialis Tulang Belakang Ingatkan Ini

Ribuan orang antre pengobatan alternatif Ida Dayak di lapangan tembak Kostrad.
Sumber :
  • Viva.co.id/ Rahmad Ari Prakoso (Depok)

VIVA Lifestyle – Pengobatan tradisional Ida Dayak tengah viral di media sosial lantaran disebut bisa menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya yang berkaitan dengan patah tulang.  

5 Mitos Tentang Masturbasi, Benarkah Bisa Hilangkan Keperawanan?

Ida Dayak disebut menggunakan minyak Dayak yang dioleskan pada bagian tubuh pasien yang bermasalah. Minyak ini diyakini berkhasiat dan ampuh menyembuhkan penyakit. Scroll untuk info selengkapnya

Spesialis Tulang Belakang, RS Premier Bintaro, dr. Omar Lutfi, Sp.OT (K) Spine, turut mengomentari pengobatan yang tengah populer ini. 

Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

“Memang kalau keilmuan medis adalah keilmuan yang terliterasi dengan baik. Apa yang dikerjakan observasi tindakan operatif tercatat secara ilmiah, bisa dipertanggung jawabkan," kata dia kepada dalam acara Media Briefing Penanganan Skoliosis di Senayan Jakarta Pusat, Kamis 7 April 2023.
 
"Ida Dayak ini hanya salah satu dari sekian terapi alternatif. Pengobatan alternatif itu bermacam kita susah cari literaturnya pembuktian ga bisa secara ilmiah," sambungnya. 

Eko Patrio Ungkap Sakit yang Diidap Parto Hingga Harus Dioperasi

Omar mengaku pernah melihat video pengibaran Ida Dayak dan merasa ngilu dengan cara kerjanya. Dia mengungkap bahwa penanganan tulang yang mengalami masalah sendiri tidak semudah seperti yang dilihat. Perlu kewaspadaan jika salah bisa menyebabkan cedera otot tendon saraf.

“Tangan atau kaki dilakukan pelurusan metode kalau saya liat nyeri. Dan sebetulnya kalau bengkok bukan cuman tulang, tapi urat otot. Jadi memang tidak semudah itu tindakan meluruskan tulang harus liat jangan sampai cedera otot tendon saraf,” jelas dia. 

Lebih lanjut jika kondisi tulang bengkok kemudian ditarik paksa, dokter Omar mengatakan, hal tersebut bisa menyebabkan saraf cedera hingga putus.

“Yang tadinya posisinya bengkok ditarik strech jadi bisa saja sarafnya cedera. Bisa putus juga, atau misalnya tendon ujung otot kita yang nempel ke tulang kalau posisinya bengkok, dia sebenarnya sudah mengkerut, ketika diluruskan paksa tendonnya tegang bisa cedera,” jelas dia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya