Lidah Buaya Ternyata Bisa Tingkatkan Daya Ingat Hingga Turunkan Darah Tinggi

Ilustrasi lidah buaya/aloe vera.
Sumber :
  • Pixabay/casellesingold

VIVA Lifestyle – Lidah buaya atau yang dikenal sebagai aloe vera merupakan tanaman populer di telinga masyarakat. Tanaman ini sudah sejak lama digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan termasuk menjaga kecantikan. 

Menguak Manfaat Ajaib Buah Manggis untuk Kesehatan Tubuh

Lidah buaya diketahui dapat membantu mencegah penuaan dini. Hal ini diungkap oleh ahli herbal, dr. Muthoharrah, M.Si dalam program Hidup Sehat tvOne. Yuk, scroll untuk tahu lebih lanjut.

"Lidah buaya memang dikenal untuk kecantikan. Sudah banyak bukti empiris dari zaman Mesir kuno karena terdapat 96 persen kandungan air, sehingga mampu menjaga kelembapan kulit, kaya antioksidan, ada kandungan vitamin A, C, E baik untuk menghindari penuaan dini, terdapat lignin untuk kelembapan kulit, dan meningkatkan sintesis kolagen," kata dia, Selasa 11 April 2023.

Kandungan Utama Rumput Laut, Kaya Antioksidan

Tidak hanya masalah kecantikan saja, menurut dokter Muthoharrah, lidah buaya juga memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya, misalnya saja untuk meningkatkan daya ingat. Hal ini lantaran lidah buaya mengandung asam amino yang baik untuk otak.

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

"Asam amino untuk regenerasi sel yang rusak, kemudian antioksidan untuk menangkal radikal bebas," jelas dokter Muthe sapaannya.

Tanaman berduri dengan tekstur kenyal ini juga disebut dapat menurunkan tekanan darah tinggi lantaran adanya kandungan flavonoid hingga kalium yang baik untuk menurunkan tekanan darah.

“Lidah buaya juga dapat membantu mencegah kanker, lantaran kandungan antioksidan yang tinggi hingga mengandung anti kanker di dalamnya,” pungkas dr. Muthoharrah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya