Dr Aisah Dahlan Ungkap Manfaat Puasa Bagi Wanita, Bikin Tambah Cantik

Ilustrasi wanita berhijab.
Sumber :
  • Freepik

VIVA Lifestyle – Saat ini umat muslim di seluruh dunia tengah menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1444 H. Selain ibadah yang wajib dijalankan, puasa Ramadhan juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Maknai Semangat RA Kartini, Shandy Purnamasari: Perempuan Tak Cuma Jadi Istri dan Ibu

Puasa diketahui dapat mengontrol gula darah. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan kontrol gula darah, yang sangat berguna bagi penderita diabetes. Selain itu, pembatasan asupan kalori dalam tubuh saat seseorang berpuasa juga dapat mengurangi resistensi insulin.

Ilustrasi puasa

Photo :
  • pixabay
Praz Teguh Nilai Wanita dari Mata Kaki, Reaksi Netizen Pro Kontra

Selain itu, puasa juga dapat mendetoksifikasi tubuh. Ketika seseorang menjalankan ibadah puasa sesungguhnya tubuh kita melakukan proses detoksifikasi (pembuangan zat-zat/racun yang tidak diperlukan tubuh) secara optimal.

Tidak sampai di situ, puasa juga ternyata dapat bermanfaat bagi wanita. Dalam tayangan YouTube Rumil Al Hilya, Dr. Aisah Dahlan menjelaskan bahwa puasa dapat mempercepat regenerasi kulit. 

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

"Makanya kita tambah cantik. Jerawat sembuh karena energi tubuh tidak menghabiskan untuk pencernaan kalau tidak puasa energi habis untuk mencerna makanan," jelas dia.

Selain itu, puasa Ramadhan juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Aisah menjelaskan, energi tubuh yang jika tidak berpuasa digunakan untuk mencerna makanan ini  tubuh dialihkan untuk meregenerasi sistem lain sehingga memungkinkan percepatan regenerasi sel-sel kekebalan tubuh. 

"Tubuh ada radikal bebas, puasa sel radikal bebasnya menurun dalam tubuh. Meningkatkan antioksidan ini yang membuat apabila ada radang atau inflamasi di tubuh berkurang," jelas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya