4 Suplemen Ini Bisa Bantu Turunkan Kadar Kolesterol, Apa Saja?

Ilustrasi kolesterol.
Sumber :
  • Freepik/brgfx

VIVA Lifestyle – Selain ketupat dan makanan bersantan, beberapa makanan manis kerap disajikan saat Lebaran. Tapi hati-hati, konsumsi berlebihan makanan manis dapat memicu berbagai masalah kesehatan, salah satunya meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. 

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Sejumlah kue kering, cake hingga cookies, mengandung kolesterol dan lemak jenuh tinggi, akibat campuran mentega yang ada di dalamnya. Rasa manis dari makanan-makanan tersebut yang berasal dari gula juga dapat meningkatkan kadar trigliserida. Lalu, bagaimana mengatasinya? Yuk, scroll untuk mengetahui jawabannya. 

Dilansir Medical News Today, sejumlah suplemen dikatakan dapat membantu menurunkan kolesterol. Apa saja? Berikut ulasannya. 

5 Minuman Herbal Penjaga Kolesterol Tetap Terkendali

Asam lemak tak jenuh ganda Omega-3 (PUFA)
Omega-3 PUFA, juga dikenal sebagai minyak ikan omega-3 atau asam lemak omega-3, dapat membantu mengurangi kadar lemak trigliserida dalam darah. 

7 Manfaat Tempe untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Protein untuk Kesehatan Tulang

Omega-3 PUFA terdapat pada beberapa makanan, seperti ikan berminyak, biji-bijian dan kacang-kacangan. Namun, pada penderita diabetes, suplemen omega-3 PUFA dapat mempersulit pengendalian kadar gula darah. Orang dengan alergi ikan atau kerang, mungkin akan memiliki reaksi alergi terhadap PUFA omega-3. 

Berberin
Berberin berasal dari tumbuhan seperti goldenseal, barberry, anggur oregon dan pohon kunyit. Beberapa studi telah menunjukkan, berberin dapat mengurangi kadar LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida dalam darah, bila dikombinasikan dengan gaya hidup sehat. Namun, para peneliti belum yakin apakah ini bisa bekerja untuk semua orang. 

Biji rami
Biji rami mengandung asam a-linoleat, lignan, dan senyawa fenoik, yang dapat membantu menurunkan LDL dan trigliserida dalam darah. Bentuk suplemen biji rami biasanya berupa minyak. 

Vitamin E
Jane Kurnia, Product Marketing Manager CNI, mengatakan, vitamin E adalah suplemen yang memberikan efek kekuatan ganda yaitu membantu meningkatkan kesehatan jantung dan meningkatkan elastisitas pembuluh darah. 

"Sehingga jantung kita sehat, sirkulasi pembuluh darah lancar. Suplemen inilah yang dibutuhkan oleh badan kita setelah menerima asupan makanan kolesterol pada saat libur Lebaran kemarin," ujar Jane dalam keterangannya. 

Ilustrasi suplemen.

Photo :
  • Pixabay/Steve Buissinne

Lebih lanjut Jane menjelaskan, salah satu produk mereka yaitu CNI Omega-3 with Vitamin E juga dapat menurunkan kadar trigliserida, trombogenik, dan tekanan darah pada kasus hipertensi ringan, anti radang, serta membantu menjaga kesehatan mata dan mental. 

"CNI Omega-3 with Vitamin E sudah terbukti dapat mengendalikan angka kolesterol jika diikuti dengan pola hidup yang sehat," pungkas Jane Kurnia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya