Garis Hitam di Leher Virgoun Disorot Netizen, Dikira Daki Ternyata Tanda Diabetes

Virgoun
Sumber :
  • IG @virgoun_

VIVA Lifestyle – Vokalis Last Child, Virgoun, masih menjadi sorotan usai perselingkuhannya dengan Tenri Anisa dibongkar oleh istrinya sendiri, Inara Rusli. Setelah sederet aibnya terkuak di publik, netizen yang geram mulai mencari bahan bulan-bulanan pada sosok Virgoun yang salah satunya tertuju di garis hitam lehernya.

Lonjakan Kasus DBD di Lampung, 1.779 Kasus Terungkap dengan 10 Korban Meninggal

Garis hitam di leher Virgoun itu disorot di sebuah video di akun Instagram Lambe Levyat. Video itu awalnya menunjukkan sebuah video klip yang menampilkan sosok Virgoun. Tak lama, vokalis itu berbalik dan menunjukkan bagian tubuh belakangnya. Sorotan kamera pun memperbesar bagian belakang tubuh Virgoun, khususnya leher yang nampak ada garis hitam. Scroll untuk info lengkapnya, yuk.

"Virgoun bukannya fokus bersihin daki di lehernya, malah pelihara lont*," tulis keterangan video itu, dikutip VIVA, Kamis 27 April 2023. 

Ajak Netizen Pakai Medsos untuk Hal Positif, Aurelie Moeremans: Aku Banyak Banget Dapet Kerjaan

Kolom komentar yang ramai pun turut mengatakan hal serupa seolah emosi publik begitu bahagia menemukan 'borok' Virgoun yang selingkuh dan zina dari istrinya. Namun, netizen lain turut menyoroti bahwa garis hitam di leher Virgoun adalah pertanda suatu penyakit kronis yang tak bisa diabaikan.

Iqbaal Ramadhan Bawa Vibes Jadul di Video Klip Terbaru, Netizen: Berasa di Jaman Jinny Oh Jinny

"Itu bukan daki kak...itu muncul krn kondisi medis seperti ada mslh obesitas dan bs juga mslh Diabetes," tutur netizen.

"Itu bukan daki, itu resistensi insulin, biasa nya org2 obesitas pd kaya gtu, pre diabetes," tambah akun berbeda.

"Tapi itu bukan daki btw... Itu resistensi insulin. Cmiiw tapi emang nih orang patut di hujat kok.. lanjutkan," tulis akun lain.

Garis Hitam di Leher
Acanthosis nigricans adalah suatu kondisi yang menyebabkan area kulit berubah lebih gelap dan tebal di lipatan tubuh. Ini biasanya memengaruhi ketiak, selangkangan dan leher.

Acanthosis nigricans cenderung memengaruhi orang dengan obesitas. Pada kasus yang jarang, kondisi kulit bisa menjadi tanda kanker di organ dalam, seperti lambung atau hati.

Ilustrasi diabetes.

Photo :
  • Pexels/Mikhail Nilov

Gejala
Tanda utama acanthosis nigricans adalah kulit gelap, tebal, seperti beludru di lipatan dan lipatan tubuh. Sering muncul di ketiak, selangkangan dan belakang leher. Ini berkembang perlahan. Kulit yang terkena mungkin gatal, berbau dan timbul kutil.

Penyebab
Acanthosis nigricans mungkin terkait dengan:

Resistensi insulin
Kebanyakan orang yang menderita acanthosis nigricans juga menjadi kebal terhadap insulin. Insulin adalah hormon yang dikeluarkan oleh pankreas yang memungkinkan tubuh memproses gula. Resistensi insulin inilah yang menyebabkan diabetes tipe 2. Resistensi insulin juga terkait dengan sindrom ovarium polikistik dan mungkin menjadi faktor mengapa acanthosis nigricans berkembang.

Obat dan suplemen tertentu
Niasin dosis tinggi, pil KB, prednison, dan kortikosteroid lainnya dapat menyebabkan acanthosis nigricans.

Kanker
Beberapa jenis kanker menyebabkan acanthosis nigricans. Ini termasuk limfoma dan kanker perut, usus besar dan hati.

Faktor risiko
Risiko acanthosis nigricans lebih tinggi pada orang yang mengalami obesitas. Risikonya juga lebih tinggi pada orang dengan riwayat keluarga dengan kondisi tersebut, terutama pada keluarga di mana obesitas dan diabetes tipe 2 juga sering terjadi.

Komplikasi
Orang yang memiliki acanthosis nigricans jauh lebih mungkin untuk mengembangkan diabetes tipe 2.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya