Khasiat Tanaman Tempuyung, Luruhkan Batu Ginjal hingga Turunkan Gula Darah

Tempuyung
Sumber :

VIVA Lifestyle – Tanaman tempuyung mungkin cukup asing di telinga masyarakat kita. Memiliki nama latin, Sonchus arvensis L, tempuyung merupakan tanaman yang sering ditemui di lingkungan yang bercuaca sejuk, atau daerah dengan musim kemarau yang pendek.

Kondisi Terkini Parto Patrio, Idap Batu Ginjal Hingga Harus 2 Kali Operasi

Meski termasuk tumbuhan liar, namun siapa sangka tanaman ini memiliki manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Salah satunya tanaman tempuyung ini bisa meluruhkan batu ginjal. Hal ini diungkap langsung oleh Ahli Farmakologi, Prof. DR. dr. Wawaimuli Arozalm M. Biomed, PhD dalam program Hidup Sehat tvOne, Rabu 10 Mei 2023.

9 Karbohidrat yang Sehat dan Aman untuk Penderita Diabetes, Bebas Khawatir Gula Darah Naik!

Diungkap dokter Wawaimuli, kandungan yang ada di dalam daun tempuyung diketahui dapat meluruhkan kalsium oksalat yang menyebabkan batu ginjal.

Daun tempuyung.

Photo :
  • U-Report
Parto Patrio Jalani Operasi Kedua, Istri Banyak Berdoa

"Ini bisa terjadi karena kemampuan daun tempuyung dalam meluruhkan kalsium oksalat yang merupakan komponen utama dalam batu ginjal daun di samping itu, dapat sebabkan deuretik memperlancar kencing membantu mengurangi timbunan batu dalam ginjal kita," jelas dia.

Tak hanya itu saja, mengonsumsi daun tempuyung ini dapat menurunkan kadar asam urat. Hal ini didasarkan pada penelitian pada hewan dan laboratorium.

"Banyak studi pada hewan dan laboratorium yang menunjukkan daun tempuyung memiliki kandungan zat aktif yang dapat menghambat enzim senti oksidase, adalah enzim yang menyebabkan timbunan asam urat," ujar dia.

Manfaat lain dari daun tempuyung adalah dapat menghilangkan rasa nyeri lantaran adanya kandungan zat aktif dalam daun ini yang dapat meredakan nyeri.

Tanaman tempuyung.

Photo :
  • U-Report

"Salah satu kandungan zat aktif lutein ini penghambat terbentuknya proflagandi, ini mediator inflamasi dimana inflamasi berkelanjutan bisa sebabkan nyeri. Daun ini hanya bisa digunakan pada nyeri dengan skala ringan sampai menengah," jelas dia.

Manfaat Kesehatan lainnya dari daun tempuyung adalah dapat menurunkan tekanan darah.

"Di dalam daun terkandung berbagai macam zat yang salah satunya berfungsi sebagai vasodilatasi, dan juga deuretik yang kuat berkontribusi turunkan tekanan darah. Bila tekanan darah tinggi dan tidak teratasi dengan ini harus berkonsultasi ke dokter," kata dia.

Ilustrasi tanaman tempuyung

Photo :
  • U-Report

Manfaat lainnya dari daun ini adalah menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

"Ada bukti pada hewan coba dan studi laboratorium menunjukkan ada kandungan zat aktif dalam daun tempuyung yang dapat meningkatkan sekresi insulin sel beta di pankreas dan menyebabkan glukosa dalam darah alhasil glukosa yang berada di siklus darah bisa turun," ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya