Rapper BIG NAUGTHY Dilarikan ke RS Terpapar Hepatitis A, Seberapa Bahayakah Hepatitis A?

Ilustrasi Hepatitis.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA Lifestyle – Rapper kenamaan asal Korea Selatan, BIG NAUGHTY mendadak menjadi sorotan para pengguna media sosial. Hal ini menyusul dengan kondisi kesehatannya yang membuat rapper kelahiran tahun 2003 ini tidak bisa tampil dalam sejumlah festival musik yang diselenggarakan di sejumlah kampus di Korea Selatan.

4 Penyakit Liver yang Sering Diabaikan, yang Terakhir Perlu Jadi Perhatian

Pada Senin siang, 15 Mei 2023 salah satu dewan kampus tempat BIG NAUGHTY dijadwalkan akan manggung mengumumkan bahwa rapper tersebut tidak bisa tampil lantaran terkonfirmasi hepatitis A. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

"Jadwal BIG Naughty telah dibatalkan karena dia mengalami hepatitis A. Kami mohon maaf kepada alumni yang pasti memiliki harapan tinggi," demikian keterangan dari Dewan Mahasiswa Universitas Keimyung Korea Selatan.

Ahli Ingatkan Fatty Liver Bisa Sebabkan Hepatitis, Pengerasan Hati bahkan Kanker

Sementara itu, H1GHER MUSIC selaku agensi yang menaungi BIG NAUGTHY mengungkap kondisi rapper tersebut.

Diungkap oleh agensi bahwa pria bernama asli Seo Dong Hyeon ini akan menjalani perawatan di rumah sakit sebab dirinya mengalami demam tinggi.

Angka Penyakit Hati Meningkat, Temulawak Bisa Perbaiki Hingga Cegah Kerusakannya

"BIG Naughty sedang beristirahat sesuai dengan pendapat staf medis karena demam tinggi dan kesehatan yang memburuk. Diputuskan bahwa akan sulit baginya untuk berpartisipasi dalam pertunjukan, mengingat kesehatan artis sebagai prioritas utama," tulis H1GHER MUSIC melansir akun Instagram resminya.

Lantas apa itu hepatitis A yang diidap BIG NAUGHTY? Melansir laman Mayo Clinci, Hepatitis A adalah infeksi hati yang sangat menular yang disebabkan oleh virus hepatitis A

Virus ini adalah salah satu dari beberapa jenis virus hepatitis yang menyebabkan peradangan hati dan memengaruhi kemampuan fungsi hati seseorang.

Kemungkinan besar seseorang seperti BIG NAUGHTY terkena hepatitis A dari makanan atau air yang terkontaminasi atau dari kontak dekat dengan orang atau objek yang terinfeksi. Kasus hepatitis A ringan tidak memerlukan pengobatan. Kebanyakan orang yang terinfeksi sembuh total tanpa kerusakan hati permanen.

Gejala hepatitis A biasanya muncul beberapa minggu setelah Anda terkena virus. Tetapi tidak semua orang dengan hepatitis A mengalami gejala. Jika Anda melakukannya, gejalanya bisa meliputi:

- Kelelahan dan kelemahan yang tidak biasa
- Tiba-tiba mual dan muntah serta diare
- Sakit perut atau rasa tidak nyaman, terutama di sisi kanan atas di bawah tulang rusuk bagian bawah, yang berada di atas hati
- Feses berwarna coklat seperti tanah liat atau abu-abu
- Kehilangan selera makan
- Demam ringan
- Urin gelap
- Nyeri sendi
- Menguningnya kulit dan bagian putih mata (jaundice)
- Rasa gatal yang intens

Gejala-gejala ini mungkin relatif ringan dan hilang dalam beberapa minggu. Namun, terkadang hepatitis A menyebabkan penyakit parah yang berlangsung beberapa bulan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya