KKHI Mekkah Evakuasi 11 Jemaah Haji Sakit Ke Madinah

KKHI Mekkah mengevakuasi 11 jemaah haji sakit ke Madinah
Sumber :
  • Kemenkes

Mekkah - Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Mekkah mengevakuasi 11 jemaah haji sakit ke Madinah pada Jumat, 14 Juli 2023. Evakuasi ini menindaklanjuti jemaah haji gelombang 2 yang telah bergerak ke Madinah sejak 10 Juli 2023 yang lalu. 

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

“Kita laksanakan evakuasi 11 jemaah haji sakit yang sudah stabil ke KKHI Madinah, sehingga bisa segera berkumpul dengan kloternya,” ujar Kepala KKHI Makkah dr. Edi Supriyatna, MKK. 

Jemaah haji yang dievakuasi merupakan jemaah haji yang tidak bisa mengikuti perpindahan bersama kloternya ke Madinah karena saat perpindahan sedang sakit dan dirawat di KKHI Mekkah atau RS Arab Saudi. 

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

dr. Edi menjelaskan bahwa jemaah haji sakit yang dievakuasi adalah jemaah sakit yang kondisinya stabil dan mampu dipindahkan menggunakan transportasi darat. Selain itu jemaah haji juga harus sudah memiliki dokumen yang lengkap seperti paspor dan surat jalan. 

“Syarat utama jemaah haji sakit dievakuasi ke KKHI Madinah yaitu kondisinya stabil dan transportable," tutur Edi. 

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Evakuasi pertama ini menggunakan satu unit ambulans dan satu unit minibus. Jemaah haji yang mengikuti evakuasi  pertama ini terdiri dari 1 jemaah sakit baring dan 10 jemaah yang mampu duduk. Setiap kendaraan yang digunakan telah dilengkapi dengan alat kesehatan, obat-obatan, dan perbekalan kesehatan. 

Jemaah haji sakit yang dievakuasi kali ini didampingi oleh 2 dokter dan 3 perawat untuk menjaga agar kondisi jemaah haji selama perjalanan tetap stabil. 

“Dalam evakuasi ini terdapat 1 pasien baring  yang dievakuasi menggunakan ambulans dan 10 pasien mampu duduk menggunakan minibus. Selama perjalanan pasien yang dievakuasi didampingi oleh 2 dokter dan 3 perawat yang dibagi di dua kendaraan tersebut,” ungkap dr. Edi. 

Evakuasi tahap pertama ini diberangkatkan dari KKHI Mekkah pukul 17.00 WAS dan tiba di KKHI Madinah pukul 22.00 WAS. Beberapa jemaah haji yang dinyatakan stabil dan evaluasinya baik oleh KKHI Madinah diantarkan ke hotel masing-masing untuk bergabung kembali dengan kloternya. 

Jemaah haji sakit yang dievakuasi dari KKHI Mekkah akan ditransitkan sementara di KKHI Madinah dengan tujuan jika masih terjadi gangguan kesehatan maka akan diberikan pelayanan di KKHI Madinah, namun jika sudah stabil dan hasil evaluasi baik maka akan dikembalikan ke kloter masing-masing. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya