Bisakah Manusia Hidup Hanya dengan 1 Ginjal? Begini Penjelasan Dokter

Ilustrasi ginjal/batu ginjal.
Sumber :
  • Freepik/brgfx

JAKARTA – Ginjal merupakan salah satu organ dalam tubuh yang memiliki fungsi sangat penting di antaranya adalah menyaring zat-zat limbah, kelebihan air, dan kotoran lainnya di aliran darah. Oleh karena itu, menjaga kesehatan ginjal sama dengan menjaga seluruh kesehatan tubuh.

Gampang Kenyang Padahal Baru Makan Sedikit Ternyata Bukan Kondisi Normal, Ini Sebabnya

Normalnya, setiap manusia memiliki dua ginjal di tubuhnya. Namun, banyak orang di dunia ini yang mengalami masalah dengan ginjalnya sehingga terpaksa hanya hidup dengan satu ginjal saja. Menurut dr. Dina Nilasari, PhD, SpPD-KGH, ada beberapa penyebab seseorang hanya punya satu ginjal dalam tubuhnya, misalnya bawaan lahir, mendonorkan ginjal pada orang lain, dan mengalami kerusakan ginjal sehingga harus dilakukan pengangkatan.

Tubuh manusia sebenarnya bisa bekerja hanya dengan satu ginjal. Namun, hal tersebut akan menjadi faktor pemicu beberapa gangguan kesehatan atau penyakit di kemudian hari. Hal paling mendasar yang pasti dirasakan oleh pemilik satu ginjal adalah kondisi tubuh yang mudah lelah.

Awas! Bukan Cuma Perih, Minum Obat Ini Bisa Sebabkan Maag hingga Pendarahan di Lambung

Ilustrasi ginjal

Photo :
  • times of india

"Apapun itu penyebabnya, punya satu ginjal akan menimbulkan risiko. Beberapa penelitian menyebut akan menurunkan kualitas hidup, tapi tergantung dengan alasan kita dan penyebab kita punya satu ginjal," jelas Dokter Dina, dalam tayangan Hidup Sehat tvOne, Senin 24 Juli 2023.

Zaidul Akbar Ungkap Bahaya Sering Minum Air Dingin: Ginjal Bisa Bermasalah

Dokter Dina mengonfirmasi bahwa orang yang hidup hanya dengan satu ginjal akan lebih mudah merasa lelah karena ginjal itu harus bekerja dua kali lebih ekstra menggantikan ginjal yang satunya.

"Kita didesain punya dua ginjal, kalau punya satu saja membuat dampak bahwa satu ginjal ini harus bekerja optimal mengerjakan tugas ginjal satunya. Jadi, beban kerjanya meningkat lalu apapun peran ginjal dalam tubuh kerjanya jadi dobel," ujarnya.

Ginjal pada dasarnya punya banyak fungsi, seperti fungsi ekskresi yang meregulasi tekanan darah, mengeluarkan racun dalam tubuh, dan mengurangi cairan dalam tubuh yang berlebihan sehingga tubuh tidak kelebihan cairan. Kemudian, ginjal juga berfungsi secara hormonal yakni untuk membentuk sel darah merah. Sehingga, jika ginjal mengalami kerusakan maka semua fungsi yang disebutkan itu tidak dapat bekerja dengan optimal.

Akibatnya tubuh yang hanya memiliki satu ginjal berisiko memicu timbulnya berbagai penyakit komplikasi mulai dari hipertensi, kebocoran ginjal, diabetes, dan resiko penyakit ginjal kronis di kemudian hari meskipun kemungkinan terjadinya hanya kurang dari satu persen.

Lantas, Dokter Dina mengimbau untuk selalu menjaga kesehatan ginjal. Dimulai dari gaya hidup sehat setiap hari yang disertai dengan olah raga dan menjaga pola makan.

"Memiliki lifestyle yang benar, minum yang cukup bukan berlebihan sesuai dengan kebutuhan. Makan makanan sehat, tidak makan yang high sodium dan high sugar atau gula ya. Itu semua berisiko pada sakit ginjal di kemudian hari," papar Dokter Dina.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya