Kasus Penderita Gagal Ginjal di Singapura Meroket, Hal Ini Penyebabnya

Ilustrasi gangguan ginjal pada anak
Sumber :
  • VIVA/ Endri Widada

Singapura – Belum lama ini heboh mengenai pelaporan gagal ginjal di Singapura meroket tajam. Menurut laporan yang berasal dari Singapore Renal Registry tahun 2021, setidaknya menyebutkan bahwa terdapat 6 pasien yang mengalami gagal ginjal setiap harinya.

9 Karbohidrat yang Sehat dan Aman untuk Penderita Diabetes, Bebas Khawatir Gula Darah Naik!

Dilansir dari Channel News Asia, Senin, 31 Juli 2023, hingga saat ini hanya terdapat 9 ribu kasus gagal ginjal yang berhasil didiagnosis. Sementaar lebih dari 300 ribu orang lainnya di Singapura menderita ginjal kronis, yang sangat berpotensi memicu gagal ginjal. Namun angka tersebut hanya kasus yang terdeteksi.

Ilustrasi ginjal.

Photo :
  • Freepik/pch.vector
Disfungsi Ereksi Bukan Cuma Masalah Pria Tua! Kenali 5 Faktor Pemicunya di Usia 20-an

Menurut kepala pengobatan ginjal di Rumah Sakit Tan Tock Seng, Yeo See Cheng, untuk setiap 10 diagnosis diperkirakan lima hingga tujuh orang tidak mengetahui bahwa mereka memiliki kondisi tersebut.

Hal ini artinya sebanyak 200 ribu orang mungkin menjalani hidupnya tanpa menyadari bahwa mereka menderita penyakit ginjal. Jika tak ditangani, penyakit ginjal kronis akan berkembang menjadi gagal ginjal.

Momen Prabowo Ditarik Wakil PM Singapura Lawrence Wong di Istana Bogor

Yeo mengungkapkan sekitar sepertiga dari pasien tidak menyadari bahwa ginjal mereka bermasalah. Akibat keterlambatan penanganan, kondisinya semakin memburuk. Tak hanya itu, pasien juga biasanya datang dengan kondisi yang sudah parah, seperti kaki yang bengkak hingga perut gatal.

Kala itu, ginjal pasien biasanya berada di ambang kegagalan, dan kerusakan sudah tidak bisa diperbaiki. Pasien harus segera memulai dialisis, yang akan menjadi terapi seumur hidup, kecuali muncul pilihan transplantasi.

"Ini seperti silent killer. Karena pada tahap awal penyakit ginjal kronis, pasien tidak memiliki gejala apa pun. Mereka merasa normal, mereka merasa sehat, meskipun fungsi ginjal mereka telah menurun," jelas dia.

"Banyak pasien yang bahkan tidak menyadarinya hingga mereka berada di stadium lima, yang dikenal sebagai gagal ginjal."

Penyebab Kasus Gagal Ginjal di Singapura

Ginjal rusak

Photo :
  • U-Report

Penyebab kasus gagal ginjal di Singapura paling umum didominasi oleh diabetes tipe 1 dan 2. Sementara penyebab lain termasuk hipertensi, peradangan, dan faktor genetik.

Pasalnya, pasien gagal ginjal hanya dapat minum antara 500 mililiter hingga satu liter air per hari dan memiliki daftar panjang makanan yang harus dihindari. Hal ini karena ginjalnya tidak dapat lagi menyaring racun dan cairan berlebih serta tidak dapat mengatur tekanan darah secara efisien.

Pemindaian cepat terhadap persyaratan diet mereka menunjukkan bahwa pasien harus menghindari makanan tinggi fosfat, yang meliputi makanan olahan seperti mi instan atau keripik kentang, produk susu, serta produk kering seperti kerupuk.

Pasien juga harus menghindari makanan tinggi kalium, yang meliputi biji-bijian, kacang-kacangan, biji-bijian, kelapa dan produk terkait, serta minuman jamu, serta mengurangi asupan garam.

Penyakit ginjal kronis sendiri disebabkan oleh kondisi seperti diabetes, hipertensi dan peradangan, atau faktor genetik. Kondisi-kondisi tersebut dapat menyebabkan sel-sel ginjal mati, dan sel-sel ini tidak dapat beregenerasi.

Meskipun mengalami kerusakan, ginjal tetap menjalankan fungsinya seperti membuang racun dan kelebihan cairan dari dalam tubuh. Dari luar, pasien mungkin merasa normal selama bertahun-tahun sebelum penyakit ginjal berkembang ke tahap di mana semakin banyak sel yang mati.

Seiring dengan melemahnya fungsi ginjal dari waktu ke waktu, racun menjadi lebih sulit disaring dan akan menumpuk di dalam tubuh.

Barulah kemudian muncul gejala yang nyata. Pada saat itu, mungkin sudah memasuki stadium lima dari penyakit ginjal kronis yang memicu gagal ginjal. Hal inilah yang menjadi kemungkinan penyebab kasus gagal ginjal di Singapura naik

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya