Jangan Konsumsi Garam Berlebih, Ini 7 Dampak Bahayanya

Ilustrasi garam.
Sumber :
  • Pixabay/kaboompics

VIVA – Garam merupakan bumbu dapur yang penting dan tak terpisahkan dari berbagai jenis masakan. Namun, konsumsi garam yang berlebihan dapat membahayakan kesehatan tubuh. 

Zaidul Akbar Sebut Ada Bahaya Tersembunyi di Balik Kebiasaan Minum Saat Makan

Lantas, apa saja bahanya jika mengkonsumsi garam berlebih? Dikutip dari situs Siloam Hospitals, berikut beberapa bahaya yang bisa terjadi jika kita mengonsumsi garam secara berlebihan.

1. Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)

Coros Rilis Vertix 2S, Ini Spesifikasi dan Harganya

Hipertensi

Photo :
  • Eat This

Konsumsi garam yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah. Hal ini terjadi karena garam dapat mempengaruhi keseimbangan cairan dalam tubuh, yang kemudian dapat meningkatkan tekanan pada dinding arteri dan menyebabkan hipertensi.

Arab Saudi Gandeng Bill Gates Berikan Vaksin Polio pada Jemaah Haji

2. Penyakit Jantung

Hipertensi yang disebabkan oleh konsumsi garam berlebihan dapat memperbesar risiko terkena penyakit jantung. Penyakit ini dapat berkembang menjadi serangan jantung, gagal jantung, dan kondisi kardiovaskular lainnya.

3. Stroke

Peningkatan tekanan darah juga dapat meningkatkan risiko stroke, kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terganggu.

4. Kerusakan Ginjal

Ilustrasi penyakit ginjal/sakit pinggang.

Photo :
  • Freepik/wayhomestudio

Konsumsi garam berlebihan dapat memberi tekanan pada ginjal dan mengganggu kemampuannya untuk menyaring limbah dan racun dari darah.

5. Edema (Pembengkakan)

Garam dapat menyebabkan tubuh menahan air, yang dapat menyebabkan pembengkakan di kaki, tangan, dan bagian tubuh lainnya.

6. Osteoporosis

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi garam berlebihan dapat mempengaruhi kesehatan tulang dengan meningkatkan pengeluaran kalsium melalui urin.

Sejumlah studi menunjukkan bahwa bahaya mengonsumsi garam berlebihan turut meningkatkan risiko kanker lambung. Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Cancers (Basel) menyebutkan bahwa asupan garam berlebih dapat menyebabkan peradangan di dalam saluran cerna. 

Kondisi ini bisa memicu terjadinya pertumbuhan sel kanker pada lambung terutama pada orang yang terinfeksi bakteri Helicobacter pylori.

Untuk menghindari efek negatif konsumsi garam berlebihan, disarankan untuk mengurangi asupan garam sehari-hari. Kamu dapat membatasi penggunaan garam saat memasak, menghindari makanan olahan dan makanan cepat saji yang tinggi garam, dan memilih makanan alami yang rendah garam. 

Selain itu, melakukan tes kesehatan secara rutin juga penting untuk memantau kondisi kesehatan dan mendeteksi masalah kesehatan sejak dini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya