Sebaiknya Dihindari, Ini 5 Makanan yang Mengandung Kolesterol Tinggi

Ilustrasi kolesterol tinggi
Sumber :
  • Times of India

Jakarta - Meskipun kolesterol memiliki peran penting dalam tubuh, mengonsumsi terlalu banyak kolesterol jahat dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya. Berikut adalah lima makanan yang dikenal mengandung kolesterol tinggi, dihimpun dariĀ berbagai sumber:

DPR Sindir Kenaikan UKT di Sejumlah PTN Menyesuaikan Harga Cabai dan Telur

1. Daging Merah

Ilustrasi memasak daging/daging merah.

Photo :
  • Pixabay/agamaszota
Kelihatan Sehat, Begini Kondisi Tukul Arwana Setelah 3 Tahun Berjuang dengan Stroke

Daging merah, terutama jenis yang tinggi lemak seperti daging sapi dan daging babi, mengandung kolesterol jahat dan lemak jenuh. Lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Jika Anda mengonsumsi daging merah, pilihlah potongan dengan sedikit lemak atau hindari mengkonsumsinya secara berlebihan.

2. Daging Olahan

Daftar Harga Pangan 7 Mei 2024: Beras Turun, Daging Ayam hingga Gula Naik

Ilustrasi sosis atau produk daging olahan

Photo :
  • Ist/izoom

Daging olahan seperti sosis, bacon, ham, dan daging asap juga mengandung kolesterol tinggi. Proses pengolahan ini biasanya melibatkan tambahan garam, pengawet, dan lemak tambahan yang dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan. Sebaiknya konsumsi daging olahan dengan bijak atau pertimbangkan alternatif yang lebih sehat.

3. Makanan Tinggi Lemak

Kelezatan Steak Tahu Rendah Kolesterol

Photo :
  • antv

Makanan yang mengandung lemak trans, seperti makanan cepat saji, gorengan komersial, dan beberapa jenis kue-kue kering, dapat meningkatkan kadar kolesterol sambil menurunkan kadar kolesterol baik. Hindari mengonsumsi makanan tinggi lemak trans untuk menjaga kesehatan jantung.

4. Telur

Harga telur naik di Semarang, Jawa Tengah.

Photo :
  • tvOne/ Teguh Joko Sutrisno

Telur merupakan sumber protein berkualitas tinggi, tetapi juga mengandung kolesterol dalam kuning telur. Meskipun penelitian terbaru menunjukkan bahwa kolesterol dalam makanan tidak memiliki dampak sebesar yang dulu dipikirkan terhadap kadar kolesterol dalam darah, tetap disarankan untuk mengonsumsi telur dengan bijak dan mempertimbangkan pilihan putih telur.

5. Makanan Cepat Saji

Ilustrasi makanan cepat saji

Photo :
  • Pixabay

Makanan cepat saji umumnya mengandung lemak jenuh, lemak trans, garam, dan gula yang tinggi. Semua ini dapat berkontribusi pada peningkatan risiko masalah kesehatan, termasuk peningkatan kadar kolesterol. Hindari mengonsumsi makanan cepat saji secara berlebihan dan usahakan memilih opsi yang lebih sehat jika memungkinkan.

Penting untuk diingat bahwa mengontrol asupan makanan yang mengandung kolesterol tinggi adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan jantung.

Penting juga untuk memilih jenis makanan yang rendah lemak jenuh, lemak trans, dan gula tambahan serta menjaga gaya hidup sehat yang melibatkan olahraga teratur dan pola makan seimbang.

Jika Anda memiliki masalah kesehatan terkait kolesterol, konsultasikan dengan profesional medis atau ahli gizi untuk saran yang lebih spesifik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya