Suka Konsumsi Obat Pelangsing Herbal, Hati-Hati Bisa Rusak Kinerja Ginjal!

Ilustrasi ginjal
Sumber :
  • times of india

JAKARTA – Obat pelangsing sering menjadi langkah praktis yang dipilih masyarakat demi menurunkan berat badan mereka. Ada berbagai jenis obat pelangsing, termasuk obat pelangsing herbal yang dijual di situs online.

Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week

Tidak sedikit penjual obat pelangsing herbal yang mengklaim obat herbal mereka aman dikonsumsi. Benarkah demikian? Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Terkait hal tersebut, spesialis gizi klinik, dr. Putri Sakti, MGizi, SpGK, AIFOK tidak sependapat. Disebutkannya bahwa akan ada efek samping yang bisa dirasakan oleh mereka yang meminumnya.

Banyak Pasien Berobat ke Luar Negeri, Rumah Sakit di Indonesia Kini Dibuat Layaknya Hotel Bintang 5

Ilustrasi ginjal.

Photo :
  • wikybrew

"Akan berbeda-beda apalagi toleransi terhadap efek sampingnya. Apalagi herbal kita harus hati-hati lantaran jarang menyertakan dosisnya. Padahal herbal kalau dosisnya tidak tepat akan mengganggu fungsi ginjal, atau fungsi detoksifikasi di hati atau liver kita itu bisa membahayakan tubuh. Tanyakan ke dokter, herbal itu sudah terbukti aman, tidak semua herbal itu aman untuk tubuh kita," kata dia dalam program Hidup Sehat tvOne, Senin 14 Agustus 2023.

Pengen Mulai Perawatan Kulit? Perhatikan Ini Biar Gak Terjerumus Klinik Abal-abal

Di sisi lain, Putri Sakti juga mengungkap tentang bahaya lain yang mengintai jika mengonsumsi obat pelangsing tanpa berkonsultasi ke dokter. Bahayanya adalah dapat mengganggu kerja ginjal hingga pencernaan.

"Karena semua obat baik herbal atau medis ada efek samping tinggal kita minimalisir. Sehingga ketika mengonsumsi obat pelangsing kita harus tau apakah bisa membebani fungsi ginjal kita atau tidak,” ujarnya.

Ilustrasi ginjal

Photo :
  • kidney.org

“Pengeluaran cairan berlebih bisa membuat kerja fungsi ginjal jadi lebih berat apalagi cairan kurang dari tubuh, ke depannya ginjal bermasalah," kata dia.

Dia menambahkan,"beberapa obat herbal picu asam lambung. selain itu mengganggu, sifat asam itu akan mengganggu sistem pencernaan, penyerapan tidak baik, lebih sensitif padahal usus 80 persen picu sistem imunitas," jelas Putri.  

Putri juga mengingatkan tentang obat pelangsing yang memberikan efek buang air besar setelah mengonsumsinya. Dia menyebut efek tersebut bisa menunjukkan bahwa obat itu tidak baik bagi tubuh.

"Target penurunan berat badan itu adalah penurunan kadar lemak dalam tubuh. Jadi bukan penurunan otot atau cairan. Untuk metabolisme yang betul itu butuh cairan, kalau memilih suplementasi yang membuat tubuh jadi kekurangan cairan kita harus hati-hati," kata dia.

Sementara itu terkait bagaimana cara memilih obat pelangsing yang aman di pasaran? Putri meminta masyarakat untuk tetap mencari tau produk tersebut secara teliti. 

"Beberapa ada yang terbukti acai beri itu memang terbukti, ada ekstrak teh hijau tapi ingat juga beberapa kandungan picu asam lambung. Umumnya yang beredar di masyarakat tidak tercantum dosisnya ini yang berbahaya harus melihat dosis, sudah tercantum BPOM, amannya dari dokter yang tidak membahayakan," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya