Terlihat Santai, Olahraga Golf Ternyata Sehatkan Jantung Hingga Bikin Panjang Umur 

Ilustrasi orang bermain golf.
Sumber :
  • Pixabay

JAKARTA – Golf merupakan olahraga populer yang cukup banyak digemari. Sekitar 55 juta orang bermain golf di lebih dari 200 negara dan terdapat lebih dari 32 ribu lapangan golf di seluruh dunia, di mana golf dimainkan sebagai aktivitas rekreasi atau sebagai profesi serius. 

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Namun, ada kepercayaan umum bahwa golf adalah olahraga yang tidak menguras fisik seperti olahraga lainnya, sehingga banyak orang beranggapan bahwa golf bukanlah olahraga. Tetapi, meski terlihat sebagai aktivitas yang santai, ada beberapa manfaat yang bisa didapat dari bermain golf lho. Apa saja? Yuk, scroll untuk mengetahui jawabannya, dilansir WebMD, Selasa 5 September 2023. 

Meningkatkan kesehatan jantung
Ada banyak penelitian yang dilakukan mengenai efek positif dari berolahraga secara teratur dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa golf dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung Anda. 

Pekerja Kantoran Sering Mengeluh Sakit Leher dan Pinggang? Begini Mengatasinya

Penelitian telah menghubungkan antara bermain golf dengan perbaikan faktor risiko penyakit kardiovaskular seperti kadar lipid dan insulin (glukosa), komposisi tubuh, dan kurangnya aktivitas fisik. Golf juga dikenal sebagai latihan yang sangat dibutuhkan bagi orang-orang yang sedang menjalani rehabilitasi jantung dan stroke. 

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Bermain golf secara teratur juga bisa meningkatkan fungsi paru-paru, terutama pada orang lanjut usia, dan ini membantu fungsi jantung secara optimal. Alasan lain golf berkontribusi pada peningkatan kesehatan jantung adalah lapangan golf berukuran besar, ini berarti pada saat Anda menyelesaikan seluruh lintasan, Anda sudah berjalan antara 4-5 mil. Jarak tersebut sudah mencapai target kebutuhan harian yaitu berjalan 10 ribu langkah sehari yang banyak orang cita-citakan. 

Memperpanjang umur
Sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 300 ribu peserta dari negara-negara Skandinavia menemukan bahwa mereka yang rutin bermain golf, hidup 5 tahun lebih lama dibandingkan mereka yang tidak bermain golf. Hasilnya tetap sama tanpa memandang usia, jenis kelamin, atau status sosial ekonomi masyarakat. Studi tersebut menemukan bahwa pegolf memiliki tingkat kematian 40 persen lebih rendah dibandingkan non-pegolf. 

Sebuah penelitian yang dipresentasikan pada Konferensi Stroke Internasional yang diselenggarakan oleh American Stroke Association menunjukkan bahwa bermain golf secara teratur dikaitkan dengan penurunan risiko kematian. Bermain golf secara teratur dalam penelitian ini, mengacu setidaknya bermain sebulan sekali. 

Turnamen Golf
Bicara olahraga golf, PT Netzme Kreasi Indonesia (Netzme), sukses menggelar turnamen golf bertajuk QRIS Golf Tournament 2023’ di Sedayu Indo Golf, Pantai Indah Kapuk, Jakarta, pada Jumat 1 September 2023 lalu. 

Turnamen diikuti oleh ratusan peserta yang terdiri dari klien dan partner kolaborasi Netzme seperti dari regulator, instansi pemerintah daerah serta rekanan korporasi seperti PT Jalin Pembayaran Nusantara, Mitra10, Mandalika Grand Prix Association (MGPA), dan lainnya.

CEO PT Netzme Kreasi Indonesia, Vicky G Saputra mengatakan, kegiatan ini merupakan bukti nyata komitmen mereka untuk inovasi, kolaborasi, dan memberi dampak positif pada masyarakat serta lingkungan secara berkelanjutan. 

“Turnamen Golf QRIS tidak hanya sekadar tentang golf, tetapi juga tentang pengalaman berinovasi yang melampaui batas-batas konvensional. Netzme sebagai pelopor turnamen golf pertama di Indonesia yang berbasis QRIS, kode QRIS yang ditempatkan dengan strategis di sepanjang lapangan akan mendorong interaksi yang unik antar peserta. Peserta dapat saling berkompetisi melalui pemindaian kode QRIS ini, membuka pintu untuk hubungan bisnis yang lebih mendalam dan kolaborasi yang bermanfaat diantara peserta dan mitra kami,” ujar Vicky dalam keterangannya. 

Direktur Bank Indonesia Kantor Perwakilan Wilayah Jakarta (Bank Indonesia KpW Jakarta), Arlyana Abubakar mengakui pentingnya inisiatif sosial dan lingkungan berbasiskan QRIS seperti Turnamen Golf QRIS ini. 

"Semoga nantinya dapat menjadi salah satu wadah promosi QRIS yang baru melalui cabang olahraga. Kami berharap keberhasilan acara ini akan menginspirasi langkah-langkah serupa di masa depan," katanya. 

Netzme mengajak peserta turnamen tidak hanya bermain golf. Namun juga terlibat dalam kegiatan pelestarian lingkungan dengan cara mengumpulkan donasi yang akan disumbangkan untuk penanaman mangrove dan pengembangan komunitas petani Mangrove di Kepulauan Seribu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya