Semakin Banyak Orang Menderita Kanker di Bawah Usia 50 Tahun

Ilustrasi sel kanker.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Lifestyle – Jumlah orang berusia 50 tahun ke bawah di dunia yang terdiagnosis kanker telah meningkat dari 1,82 juta menjadi 3,26 juta dalam tiga dekade terakhir, meningkat sebesar 79,1 persen, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada pekan ini.

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

Meskipun para peneliti internasional yang melakukan penelitian ini mengatakan bahwa pola makan yang buruk, merokok dan alkohol merupakan faktor risiko utama kanker pada kelompok usia ini, mereka menambahkan bahwa “tren peningkatan beban kanker dini masih belum jelas,” meskipun beberapa dari peningkatan tersebut dapat dijelaskan oleh pertumbuhan populasi.

Kurangnya aktivitas fisik dan obesitas juga bisa berkontribusi terhadap tren ini, kata studi tersebut, melansir DW, Kamis, 7 September 2023.

Terungkap! Penemuan Rumah Leluhur Umat Manusia Menggemparkan Dunia

Ilustrasi kanker.

Photo :
  • http://tipskesehatanmu99.blogspot.com/2015/04/imunoterapi-alternatif-pengobatan.html

Para peneliti menggunakan data dari Global Burden of Disease Study tahun 2019, menganalisis tingkat 29 jenis kanker berbeda di 204 negara. Penelitian ini dipimpin oleh Universitas Edinburgh di Skotlandia dan Fakultas Kedokteran Universitas Zhejiang di Hangzhou, Tiongkok, dengan Amerika Serikat dan Swedia juga berpartisipasi.

Berapa Usia Seseorang Dianggap Tua?

Studi yang diterbitkan dalam jurnal BMJ Oncology tersebut mengatakan kanker telah menyebabkan kematian lebih dari satu juta orang di bawah usia 50 tahun pada tahun 2019, meningkat sebesar 28% dari tahun 1990, kata studi tersebut.

Bentuk yang paling berbahaya adalah kanker payudara, tenggorokan, paru-paru, usus dan perut, menurut penelitian tersebut, dengan kanker payudara yang paling sering didiagnosis pada periode yang dipertimbangkan, 1990 hingga 2019.

Kanker tenggorokan dan kanker prostat yang menyerang sejak dini mengalami peningkatan tercepat pada kelompok usia di bawah 50 tahun pada periode tersebut.

Kasus kanker hati turun 2,9 persen per tahun

Tingkat tertinggi kanker di kalangan usia di bawah 50 tahun terjadi di negara-negara maju, hal ini mungkin disebabkan karena negara-negara kaya memiliki sistem layanan kesehatan yang lebih baik dan diagnosis penyakit ini bisa dilakukan lebih awal.

Pemodelan menunjukkan bahwa jumlah kasus kanker pada kelompok usia di bawah 50 tahun di seluruh dunia akan meningkat sebesar 31 persen pada tahun 2030, sebagian besar terjadi pada kelompok usia 40-49 tahun.

Dalam editorial yang terkait dengan penelitian tersebut, dua dokter di Queen’s University Belfast di Irlandia, Ashleigh Hamilton dan Helen Coleman, mengatakan “penting” untuk mengetahui apa yang mendorong lonjakan tersebut.

“Pemahaman penuh tentang alasan yang mendorong tren ini masih sulit dipahami, meskipun faktor gaya hidup kemungkinan besar berkontribusi, dan bidang penelitian baru seperti penggunaan antibiotik, mikrobioma usus, polusi udara luar ruangan, dan paparan awal kehidupan sedang dieksplorasi,” kata mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya