Terkuak, Manfaat Susu Kambing Etawa Jaga Kesehatan Usus Hingga Tulang

Ilustrasi susu kambing
Sumber :
  • newsbytesapp

JAKARTA – Susu kambing sudah terbukti berkhasiat baik bagi tubuh untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh. Dari jenisnya sendiri, dokter menyebutkan bahwa susu kambing jenis etawa ternyata memiliki manfaat yang lebih baik dibanding susu kambing lainnya atau bahkan susu sapi 

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

Spesialis Gizi Klinik, dr. Metta Setyani SpGK menjelaskan, pada dasarnya susu kambing memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh, termasuk mengontrol kadar kolesterol. Selain itu, susu kambing mampu membantu imunitas lebih kuat dimana berkaitan penyakit metabolik lainnya. Scroll lebih lanjut ya.

"Susu kambing bisa dikonsumsi jangka panjang punya peran kontrol kadar kolesterol. Dari mineralnya, ada slenium, antioksidan sifat kuat bantu tangkal radikal bebas jadi imunitas lebih kuat. Ada sifat anti mikroba dari protein laktoferin, ini spesifik di susu kambing. Ada juga kaitannya dengan penyakit metabolik lain," ujarnya dikutip acara Hidup Sehat, TvOne.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Ia menambahkan bahwa susu kambing terdiri dari dua jenis yaitu etawa dan murni. Perbedaan keduanya berasal dari asal muasal kambing itu dipelihara. Untuk susu kambing murni, berasal dari kambing lokal yang dipelihara di Indonesia.

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Untuk susu kambing etawa adalah susu yang berasal dari kambing yang awalnya berasal dari distrik Etawah di Uttar Pradesh, sebuah negara bagian di India. Nah, dari tempat pemeliharaan kambing itu sendiri membuat nutrisi yang dihasilkan berbeda.

"Kambing dari India dan Indonesia itu beda. Dari India, sumber minumannya kambing dari pegunungan Swiss. Makanya, lingkungan dan jenis protein pasti berbeda. Secara nutrisi tidak beda jauh. Kalau dari rasa, Susu Etawa ini cita rasa lebih kuat, krimy dan ada aroma khas," tambahnya.

Susu kambing.

Photo :
  • http://informasi-fantastis.blogspot.com/

Susu kambing etawa juga terbukti memiliki kadar vitamin A dan D yang lebih tinggi dibanding jenis susu lainnya. Serta, terdapat jenis karbohidrat yang khusus sebagai zat unggulan dari susu kambing sehingga menjaga kesehatan sistem pencernaan.

"Ini adalah salah satu zat unggulan di susu kambing. Khas spesifik karbohidratnya, namanya oligosakarida berperan sebagai prebiotik, sumber makanan bagi bakteri baik di usus kita. Jadi penting untuk menjaga keutuhan dari dinding sel di tubuh dan menekan tingkat peradangan di tubuh," tambahnya.

Tak hanya itu, magnesium pada susu kambing etawa juga lebih tinggi dibanding jenis susu lainnya. Maka, paduan magnesium dan vitamin yang tinggi pada susu etawa ini bermanfaat untuk kesehatan tulang.

Cara baru jual susu kambing segar.

Photo :
  • Shanghaiist

"Magnesium dan vitamin lebih tinggi dari susu sapi. Membantu pertumbuhan juga, jadi bagus juga untuk anak-anak. Untuk lansia juga baik karena bisa cegah osteoporosis," imbuhnya.

Pada susu kambing etawa, dokter juga menjelaskan kadar laktosanya lebih rendah dibanding susu sapi sehingga aman untuk pencernaan. Lantas, bagaimana anjuran mengonsumsi susu kambing etawa?

"Boleh aja tiap hari selama tidak berlebihan. Sarannya maksimal 2 gelas karena pertimbangkan ada asupan lain. Kalau mau laktosanya lebih rendah, bisa dari yogurt, puding, jangan tambahkan gula lagi yang malah merugikan kesehatan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya