Roundnet, Gabungan Olahraga Voli Hingga Tenis Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan

Olahraga Roundnet
Sumber :
  • PB PORSI

JAKARTA – Olahraga roundnet belakangan mulai digemari oleh anak-anak muda karena aktivitasnya yang menyenangkan, namun tetap memberikan efek yang baik bagi kesehatan. Roundnet bisa dibilang merupakan gabungan dari beberapa jenis olahraga seperti voli, tenis meja, badminton, dan tenis.

11 Fakta Stadion Abdullah bin Khalifa, Tempat Semifinal Piala Asia U-23 2024 Indonesia vs Uzbekistan

Olahraga ini berasal dari Amerika Serikat pada 1989 yang merupakan mainan rekreasi keluarga bernama Spikeball. Seiring perkembangannya, Spikeball menjadi olahraga yang mulai digeluti di dunia internasional sehingga disepakati dengan nama Roundnet. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Roundnet mulai masuk ke Indonesia pada 2020, di tengah masa pandemi, yang dipopulerkan oleh Genta Fajar. Setiap tanggal 26 Februari, diperingati sebagai Hari Roundnet Nasional atau HARONAS. Meskipun olahraga ini terbilang baru, tetapi roundnet sudah masuk ke dalam bagian turnamen dan kini menjangkau ekstrakulikuler di berbagai sekolah.

Mengajak Masyarakat Berolahraga dan Adopsi Gaya Hidup Sehat di Gowes 90 Tahun 90 KM

Untuk bermain roundnet, diperlukan dua alat utamanya yakni bola karet dan trampolin kecil.

Equestrian All Star Tour 2024 Segera Digelar, Ajang Pengembangan Atlet Berkuda Indonesia

"Bolanya harus bola karet yang bisa diremas ya sehingga tidak akan membahayakan. Kemudian trampolin kecil dengan ring berdiameter 90 cm dan tinggi 21 cm dari tanah," ujar Genta Fajar, Ketua Umum Persatuan Olahraga Roundnet Seluruh Indonesia, dalam acara media briefing bersama Ikatan Dokter Indonesia, di Jakarta, Kamis 7 September 2023.

Cara bermain roundnet cukup mudah, idealnya bermain dengan 2 lawan 2 dan setiap pemain maksimal memukul bola sebanyak 3 kali, persis seperti aturan voli pantai. Pemain boleh bergerak bebas mengelilingi trampolin tersebut untuk memantulkan bola ke bagian tengahnya. Bola dalam permainan roundnet ini harus disentuh atau dipukul dan tidak boleh dilempar. Dalam olahraga ini, pemain boleh memakai seluruh anggota tubuh untuk memukul bolanya.

"Bedanya kalau voli pantai bolanya besar dan keras, kalau roundnet kecil dan bisa diremas. Lalu roundnet 360 derajat boleh berputar. Saat standby, tim sebelahan tapi ketika bermain mereka boleh berputar," jelas Genta.

Olahraga yang membutuhkan ketangkasan ini bisa dimainkan di mana saja, namun lebih disarankan di area berpasir atau rumput. 

Dari segi kesehatan, olahraga yang satu ini juga memberikan banyak manfaat. Pertama adalah meningkatkan daya tahan kardiorespirasi karena ini adalah latihan fisik intensitas tinggi yang melibatkan seluruh bagian tubuh.

Olahraga Roundnet.

Photo :
  • VIVA/Rizkya Fajarani.

Roundnet juga bisa melatih kekuatan dan daya tahan otot karena adanya gerakan melompat, menukik, menjangkau secara terus-menerus. Tak hanya itu, roundnet juga bisa meningkatkan ketangkasan dan menghilangkan stres.

"Roundnet ini sifatnya menyenangkan dan kompetitif, sehingga bisa membantu menghilangkan stres dan meningkatkan kesehatan mental seseorang," kata DR Dr Listya Tresnanti Mirtha, SpKO(K), Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga.

Bermain dengan tim dalam olahraga roundnet juga akan menumbuhkan rasa kebersamaan dan persahabatan antar pemainnya sehingga dapat memberikan keuntungan sosial.

Selain itu, olahraga yang satu ini juga mempunyai risiko minimal dalam cedera sehingga bisa menjadi pilihan bagi individu yang ingin aktif namun terkendala melakukan kegiatan high-impact.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya