Dear Hijabers, Dokter Ungkap Trik Cegah Rambut Rontok Hingga Kebotakan

Hijab.
Sumber :
  • Istimewa

JAKARTA – Bagi muslimah yang memakai hijab, tentu penting untuk selalu memperhatikan kesehatan rambut secara menyeluruh. Sebab, perawatan rambut yang diabaikan malah berisiko pada bahaya rontok hingga kebotakan sehingga patut memberikan penanganan tepat saat memakai hijab.

Komisaris HAM PBB Kecam Perihal Hukum yang Mewajibkan Hijab di Iran

Dokter spesialis Dermatologi, Venereologi, dan Estetika dr.Mohammad Yoga Adi Waskito, Sp.D.V.E menjelaskan bahwa pemakaian hijab harus diiringi dengan perawatan rambut yang tepat. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Menurut pakar yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) ini, asal memakai hijab tanpa memperhatikan kesehatan rambut bisa berdampak pada kebotakan atau disebut dengan Frictional Alopecia.

Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week

Hijab

Photo :
  • Dokumentasi Zilingo

Salah satu upaya yang patut diperhatikan hijabers agar mencegah rontok dan kebotakan, dengan menghindari pemakaian dalaman jilbab terlalu ketat. Atau, tidak menggunakan ikat rambut yang terlalu kencang karena berisiko pada kerontokan.

Banyak Pasien Berobat ke Luar Negeri, Rumah Sakit di Indonesia Kini Dibuat Layaknya Hotel Bintang 5

"Nah ini, tidak boleh terlalu ketat ya pasang ciputnya atau mengikat rambutnya. Karena adanya tarikan yang terus menerus itu tanpa disadari membuat rambut cepat rontok dan akhirnya lambat laun menarik garis rambut yang normal ke belakang dan akhirnya menyebabkan kebotakan," kata dokter Yoga di acara Bamed, baru-baru ini.

Ada pun, alopecia frictional terjadi akibat rambut yang rontok terus menerus akibat kebiasaan seperti menggosok rambut, folikel, maupun folikel rambut di sekitar kulit kepala. Kebiasaan ini juga merujuk pada pemakaian dalaman jilbab atau ciput serta ikat rambut yang terlalu ketat.

Ilustrasi Wanita Berhijab

Photo :
  • Saeida

Selanjutnya, dokter Yoga menganjurkan agar hijabers bisa memilih kain jilbab yang pori-pori besar. Selain nyaman, jilbab jenis ini biasanya mempermudah udara tetap masuk ke rambut sehingga baik untuk kesehatan.

Sebab, kulit kepala rentan berminyak apabila tak ada udara masuk dari jilbab sehingga rambut pun jadi rontok.

"Rambut itu tetap perlu adanya ventilasi, sehingga untuk yang berhijab pilihlah bahan yang pori-porinya besar dan adem seperti katun sehingga kulit kepalanya masih bisa 'bernafas'," imbuhnya.

Kebiasaan lainnya yang juga berisiko pada rambut rontok yaitu menggosok kepala terlalu kencang dengan memakai handuk. Ia menyarankan agar rambut ditepuk-tepuk dengan handuk untuk sekedar mengeringkannya tanpa menggosok keras.

"Ketika mengeringkan rambut, ada baiknya jangan digosok dengan handuk karena itu membuat rambut mudah patah dan tentu rontok. Untuk menjaga rambut tetap sehat baiknya cukup ditepuk-tepuk saja menggunakan handuk," tandas dokter Yoga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya