Jangan Takut Donor Darah, Bisa Detoks Racun Hingga Bikin Jantung Sehat

Ilustrasi donor darah.
Sumber :
  • Pixabay

JAKARTA – Donor darah dapat membantu menyelamatkan banyak nyawa. Lebih dari itu, melakukan donor darah bahkan dapat memberikan banyak manfaat kesehatan bagi diri sendiri. 

5 Rekomendasi Makanan untuk Ibu Menyusui Agar ASI Lancar

Jika darah mengental atau terhambat, oksigen tidak bisa mencapai sel-sel dalam tubuh dan karbondioksida akan memenuhi pembuluh darah Anda. Dengan donor, dapat memperlancar aliran darah. Berikut sederet manfaat jika melakukan donor darah. Yuk, scroll.

Menjaga kesehatan jantung
"Jika darah mengental atau terhambat untuk mengalir, maka darah akan mengalir seperti molase. Namun, jika mendonorkan darah, kekentalannya menjadi berkurang sehingga dapat memperlancar aliran darah," kata Dr. Phillip DeChristopher, MD, Direktur Bank Darah Sistem Kesehatan Universitas Loyola, AS, dilansir Health, Selasa 12 September 2023. 

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Selain itu, seseorang yang mendonorkan darahnya memiliki kemungkinan penyakit kardiovaskular yang lebih rendah karena aliran darah yang lebih mudah dan penurunan profil lipid. 

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Seiring waktu, rutin melakukan donor darah dapat membantu aliran darah dengan mengurangi kerusakan pada lapisan pembuluh darah dan mengurangi penyumbatan arteri. 

Menjaga kadar zat besi
Orang dewasa umumnya memiliki sekitar 3-4 gram zat besi di dalam tubuh, sebagian besar berada di sel darah merah dan juga sumsum tulang. Zat besi dibutuhkan untuk pertumbuhan, perkembangan dan transportasi oksigen ke berbagai bagian tubuh. Namun kekurangan atau kelebihan zat besi dalam darah, dapat berdampak buruk bagi kesehatan. 

Rutin menyumbangkan darah dapat menurunkan jumlah zat besi dalam tubuh Anda. Menurunkan kadar zat besi yang tinggi, bisa menjadi hal yang baik asalkan tidak terlalu rendah. Anda mungkin akan mendapatkan manfaat kesehatan jantung tambahan dari penurunan kadar zat besi setelah donor darah. Sebuah penelitian mencatat, penurunan kadar zat besi dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. 

"Ketika Anda mendonorkan satu unit darah, Anda kehilangan sekitar seperempat gram zat besi, yang akan diperoleh kembali dari makanan yang Anda makan dalam beberapa minggu setelah donor," kata Dr DeChristopher. 

Mengeluarkan bahan kimia dalam darah
Tubuh dapat melakukan detoksifikasi secara alami (misalnya dengan bantuan organ hati). Namun, dengan melakukan donor darah dapat membantu proses detoksifikasi tubuh Anda. Donor darah (dan plasma) telah terbukti berdampak pada kadar zat perfluoroalkyl dan polyfluoroalkyl (PFAS). 

PFAS sendiri merupakan senyawa kimia yang ditemukan pada produk konsumen dan industri seperti kertas tahan minyak dan busa pemadam api. Bahan kimia ini membutuhkan waktu lama untuk terurai dan dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan, seperti masalah reproduksi, penurunan respons sistem kekebalan tubuh, keterlambatan perkembangan, dan peningkatan risko beberapa jenis kanker dan obesitas. 

Kegiatan donor darah
Ra Suites Simatupang mengadakan kegiatan donor darah bertajuk Red Drops of Hope. Bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI), acara ini diselenggarakan pada Senin, 14 Agustus 2023 di Pandawa 1 Ballroom Lt 2, Ra Suites Simatupang.

Dengan 85 peserta yang mayoritas berasal dari kota Jakarta Selatan, acara ini berhasil mengumpulkan 44 tabung darah yang siap memenuhi kebutuhan mendesak.

"Dengan langkah sederhana ini, kami ingin membuat dampak yang nyata. Kami melaksanakan komitmen perusahaan yaitu untuk menyatukan aspek pelayanan dan inovasi. Kami yakin bahwa tindakan ini akan membawa perubahan yang signifikan bagi mereka yang membutuhkannya," ujar Angkoso B. Soekadari, Chief Operating Officer manajemen Ra Hospitality, dalam keterangannya. 

Ra Suites Simatupang berharap bahwa Red Drops of Hope akan terus menginspirasi aksi-aksi kemanusiaan di masa depan, bersama-sama, untuk dapat terus membangun bangsa yang lebih kuat dan bersatu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya