Hati-Hati Kena Penyakit Ini Jika Tak Ganti Air Rebusan Mi Instan

Mi instan
Sumber :
  • https://boredomtherapy.com/

JAKARTA – Mi instan menjadi salah satu makanan yang populer di masyarakat Tanah Air. Rasanya yang gurih dan pembuatannya yang cepat membuat mi instan menjadi pilihan masyarat.

Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

Berbicara mengenai membuat mi instan rebus tidak sedikit dari kita yang memilih untuk mengonsumsi air rebusan mi tersebut. Padahal mengonsumsi air rebusan mi bisa menggangu kesehatan. Disebut-sebut zat dalam air tersebut mengandung bahan kimia berbahaya. Benarkah demikian? Terkait hal itu, spesialis gizi klinik, dr Diana F Suganda SpGK menjelaskan bahwa memang air rebusan mi tidak boleh dikonsumsi. Air rebusan mi instan juga harus diganti sebanyak dua kali. Scroll lebih lanjut ya.

"Bagusnya air rebusan pertama kita buang dan rebus air baru lagi untuk merebus mi instan. Jadi masak setengah matang kemudian masukkan air baru yang mendidih untuk dimasak," kata dia dalam program Hidup Sehat TvOne, Senin 18 September 2023.

Eko Patrio Ungkap Sakit yang Diidap Parto Hingga Harus Dioperasi

Lebih lanjut diungkap Diana air rebusan pertama dalam mi yang berwana keruh itu memiliki kandungan zat pati. Hal ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan jika ikut terkonsumsi tubuh.

Keberadaan Astronot Terancam, Hal Mengerikan Ini Muncul di Luar Angkasa

"Karena pada saat pemrosesan mi kering ini ada zat patinya, biasanya terbuang pada si air. Jika zat pati berkumpul di lambung dan pembuluh darah kalau bisa dibuang," kata dia menjelaskan.

Lebih lanjut, jika zat pati yang ada di dalam mi masuk ke dalam tubuh bisa menyebabkan kadar gula darah tinggi. Maka dari itu, penting mengganti air rebusan sebanyak dua kali, mengingat zat pati yang bisa larut dalam air.

Mie Instan Kuah Susu

Photo :
  • Cookpad/Mba’Oppie_Kitchen

"Untuk zat pati, zat pati itu ada di karbohidrat, kalau berlebihan di dalam kemasan itu bisa meningkatkan kadar gula darah. Sedikit atau sesekali akan berkurang zat patinya," katanya.

Untuk membuat  atau mengolah mi instan menjadi lebih sehat, dia menyarankan mengganti air rebusan pertama dengan air baru yang telah mendidih.

“Kalau punya mi instan rebus ideal masukkan ke air mendidih. setengah matang air dibuang. terus tambahkan air baru yang telah direbus sebelumnya,” ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya