Ibu Hamil Dianjurkan Banyak Konsumsi Ikan, Ini Manfaatnya Bagi Janin

Ilustrasi hamil/ibu hamil.
Sumber :
  • Freepik/user18526052

JAKARTA – Menurut dr. Adeline Devita, Healthcare Communicator Kalbe Blackmores Nutrition, penting bagi calon ibu memperhatikan asupan nutrisi sejak 1000 hari pertama kehidupan (HPK) janin demi mendukung kesehatan ibu dan perkembangan buah hati, serta menghasilkan Air Susu Ibu (ASI) yang berkualitas.

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

"Selain kebutuhan makronutrien seperti protein, lemak serta karbohidrat, ibu hamil dan menyusui juga wajib memenuhi asupan mikronutrien seperti asam folat, zat besi, yodium, kalsium, dan juga minyak ikan yang merupakan sumber DHA,” ujarnya dalam acara Parenting Talk "Dukung ASI Berkualitas untuk Sehatnya Bunda & Si Kecil”, beberapa waktu lalu.

Dia melanjutkan, Omega 3 dan DHA merupakan mikronutrien yang penting di masa kehamilan dan menyusui. Jika tidak terpenuhi dengan baik, kekurangan asupan Omega 3 dan DHA dapat menyebabkan tumbuh kembang bayi yang kurang optimal. Sayangnya di Indonesia, masih banyak ibu menyusui yang belum teredukasi dalam pentingnya memenuhi asupan nutrisi mikronutrien termasuk Omega 3 dan DHA.

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

Ilustrasi hamil/ibu hamil.

Photo :
  • Freepik/lookstudio

"Padahal salah satu cara mudah untuk mendapatkan asupan Omega 3 dan DHA bisa melalui minyak ikan sebagai sumber utamanya,” lanjut dr. Adeline.

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Manfaat penting dari DHA yaitu mendukung perkembangan mata, saraf dan otak janin untuk merangsang kecerdasan sampai lahir. DHA dinilai mampu memberikan hasil yang positif selama masa kehamilan seperti mencegah kelahiran prematur, menurunkan resiko Berat Badan Lahir Rendah (BBLR), hingga perkembangan jangka panjang anak.

Salah satu sumber DHA yang baik adalah melalui konsumsi ikan. Untuk itu, Food and Drug Administration (FDA) memberikan rekomendasi kepada wanita hamil untuk mengkonsumsi ikan sebanyak 225– 350gram ikan per minggu atau 300 mg DHA setiap harinya. Kenyataannya, berdasarkan survei tebaru, 21 persen wanita hamil tidak mengonsumsi ikan selama kehamilan dan 75 persen wanita hamil hanya mengonsumsi kurang dari 115gram selama seminggu. 

“Melihat pentingnya nutrisi dan manfaat dari Omega 3 dan DHA, Blackmores mengajak para Bunda khususnya yang menyusui untuk memenuhi kebutuhan mikronutrien Ibu dan Si Kecil di masa kehamilan dan menyusui dan menghasilkan ASI yang berkualitas, melalui Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold yang memiliki kandungan 17 nutrisi esensial dan Omega 3. Aksi ini kami jalankan melalui rangkaian edukasi Blackmores Parenting Talk, sehubungan dengan Pekan ASI yang berlangsung di bulan Agustus lalu. Dengan begitu, kami berharap upaya ini sekaligus dapat membantu menurunkan risiko stunting pada anak,” ujar Virna Widiastuty, Senior Marketing Manager Kalbe Blackmores Nutrition.

Malvin Tarigan, Head of Marketing Guardian Indonesia menambahkan, “Menjaga asupan nutrisi tercukupi selama masa kehamilan dan menyusui penting demi tumbuh kembang anak. Guardian, sebagai ritel modern kesehatan dan kecantikan terkemuk,a mendukung kesehatan masyarakat Indonesia dengan menyediakan berbagai produk dan layanan kesehatan dan kecantikan yang berkualitas, salah satunya Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold yang telah tersedia di seluruh gerai Guardian Indonesia. Kerja sama ini merupakan bentuk komitmen kami dalam mendukung pemenuhan gizi harian para ibu sekaligus penurunan prevalensi stunting di Indonesia.”

Tasya Kamila, Influencer dan Ibu Menyusui juga mengungkap hal sama. Karena tahu pentingnya asupan mikronutrien khususnya Omega 3 dan DHA sejak awal kehamilan, serta menyadari ASI itu bukan hanya perlu diperhatikan kuantitasnya, tetapi juga kualitasnya, mantan penyanyi cilik itu selalu pastikan asupan nutrisinya terjaga.

Tasya Kamila, suami dan bayinya

Photo :
  • Instagram Tasya Kamila

"Dengan asupan nutrisi yang tercukupi di masa menyusui sekarang, aku yakin bisa memberikan ASI berkualitas untuk si Kecil sehingga bisa bantu tumbuh kembangnya di golden period ini,” ujarnya.

Blackmores, produk suplemen premium di Indonesia, berkomitmen untuk memberikan nutrisi terbaik bagi masyarakat Indonesia guna mendukung pemerintah dalam penurunan angka stunting. Sebagai bentuk nyata dari komitmen tersebut, Blackmores Indonesia berkolaborasi dengan Guardian, untuk menjalankan aksi “Dukung ASI Berkualitas untuk Sehatnya Bunda & Si Kecil” melalui Parenting Talk pada tanggal 26 September 2023 di Guardian Central Park, Jakarta Barat yang diikuti oleh para ibu dari Komunitas Ibu Canggih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya