Menkes: Setiap 20 Menit 1 Orang Meninggal Karena TBC

Ilustrasi pasien TBC.
Sumber :
  • Dokumentasi IPB

JAKARTA – Ikatan Alumni Bakrie Center Foundation yang beroperasi di bawah bendera Home of Leaders, kembali menggelar The SDGs National Seminar Series dengan tema "Sinergi Nasional dalam Katalisasi Pencapaian SDGs 2030 Menuju Indonesia Sehat, Berdaya, dan Lestari". Seminar ini akan berlangsung hingga 5 Oktober 2023 di Hotel Horison Rasuna, Jakarta.

Oxford United Pastikan Tiket ke Partai Playoff Menuju Divisi Championship

Seminar tahunan ini dibuka oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin, yang hadir secara virtual melalui sambungan Zoom, serta Direktur Eksekutif Bakrie Untuk Negeri, Aninditha Anestya Bakrie. Acara ini diinisiasi sebagai wadah advokasi terhadap para pemangku kebijakan dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs). Scroll lebih lanjut.

Serangkaian topik yang dibahas meliputi Sinergi Multisektor dalam Upaya Mewujudkan Implementasi Kebijakan TBC, Optimalisasi Standar Pelayanan Minimal Pendidikan (SPM), serta Inovasi dan Rencana Aksi dalam Energi Surya dan Penanggulangan Polusi. Seminar ini juga menghadirkan Special Stage bertajuk "Inovasi bagi Polusi, Upaya Sinergis dalam Persoalan Polusi Udara".

Menhub dan Menkes Ikut Pindah ke IKN Juli 2024, Basuki: Menkeu Belum 

Pada tahun 2022, Indonesia menempati posisi kedua dengan kasus TBC tertinggi di dunia, setelah India.

Menkes: Kalau Mau Mencapai Indonesia Emas 2045, Masyarakat Harus Sehat dan Pintar

“TBC ini merupakan penyakit yang sudah ada dari ribuan tahun yang lalu. Ini penyakit menular dan sudah  bertahun-tahun belum bisa kita kendalikan. 200 tahun terakhir ini sekitar 1 milyar manusia di dunia meninggal karena TBC. Setiap 20 menit manusia di dunia meninggal karena TBC. Hal yang paling penting untuk kita lakukan, yaitu edukasi atau promosi kesehatan agar  masyarakat bisa lebih menyadari betapa bahayanya TBC,” ujar Budi saat menyampaikan key note speech dalam pembukaan The SDGs National Seminar Series di Jakarta.

“Kami sedang melakukan development vaksin salah satunya dengan yang bekerja sama dengan Bill & Melinda Gates Foundation. Kami harap vaksin TBC yang nanti akan datang, bisa lebih efektif menekan angka penyebaran dan infeksi TBC. Ini tanggung jawab kita kepada generasi selanjutnya. Karena kalau tidak segera kita eliminasi, maka TBC ini akan mengancam produktivitas generasi mendatang. Kita akan terjebak di dalam middle income,” lanjut Budi.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin

Photo :
  • ist

Aninditha Anestya Bakrie, Direktur Eksekutif Bakrie Untuk Negeri, mengungkapkan dukungannya, "Seminar nasional ini akan kembali dapat memberikan manfaat yang signifikan, dalam membantu memecahkan persoalan yang menjadi urgensi nasional sehingga dapat mempercepat pencapaian target Sustainability Development Goals (SDGs)."

Seminar ini diharapkan menjadi forum yang efektif dalam advokasi dan diskusi strategis terkait keberlanjutan dan menjadi langkah konkret dalam mencapai SDGs 2030 di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya