Posisi Tidur yang Salah Bisa Sebabkan Wajah Keriput Tak Simetris, Kok Bisa?

Ilustrasi menguap, mengantuk, bangun tidur
Sumber :
  • Pixabay/ victoria_borodinova

VIVA Lifestyle – Kita semua tahu bahwa jika kamu ingin menghindari kerutan di wajah, maka kamu harus menjauhi sinar matahari, melakukan rutinitas perawatan kulit, menghindari merokok, dan makan makanan yang sehat.

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Tapi tahukah kamu bahwa sesuatu yang tampaknya tidak berbahaya yang kita lakukan setiap hari tepatnya setiap malam, bisa membuat kamu keriput dan bahkan mengubah fitur wajahmu?

Cara kamu tidur dan dampaknya terhadap wajah telah menjadi topik perbincangan hangat di media sosial. Dalam video TikTok yang menjadi viral, influencer kecantikan internasional Marianne mengklaim bentuk bibirnya yang tidak rata disebabkan oleh tidur miring.

Detik-detik Lansia Tewas Tertimpa Atap Ambruk saat Tidur Pulas

Postingan tersebut telah dilihat hampir 15 juta kali dan mendapat hampir 7.000 komentar dari pengikutnya yang tampaknya menerima teorinya.

Tidur dengan AC Menyala? Hati-hati 6 Masalah Kesehatan Ini Mengintai

Ilustrasi kerutan di dahi/keriput.

Photo :
  • Pexels/Teona Swift

Meskipun anggapan tersebut terdengar tidak masuk akal, mungkinkah posisi tidur kamu benar-benar dapat mengubah simetri wajah dan mempercepat kerutan?

Ternyata jawabannya adalah ya, sangat mungkin.

Kate Kerr, dokter ahli perawatan wajah klinis dan direktur Klinik Kate Kerr London International yakin bahwa tidur dapat berdampak signifikan pada wajah dan dekolletasi. “Menurut sebuah penelitian di Aesthetic Surgery Journal, kekuatan kompresi, ketegangan, dan tekanan yang diberikan pada wajah kita saat tidur dapat menyebabkan distorsi wajah,” katanya, melansir Daily Mail Health, Jumat, 27 Oktober 2023.

“Distorsi seperti itu bermanifestasi sebagai lipatan dan lipatan vertikal ketika kita tidur miring atau tengkurap.”

Lipatan vertikal ini mungkin awalnya merupakan lipatan tidur sementara, seringkali di sepanjang garis yang membentang dari hidung hingga sudut bibir, namun seiring berjalannya waktu, seiring bertambahnya usia dan kehilangan kemampuan kulit untuk bangkit kembali, lipatan tersebut dapat menjadi permanen.

Hal yang sama juga terjadi di bagian tubuh lainnya, dimana efek gravitasi ikut berperan. “Berbaring miring dapat menyebabkan payudara kita turun, sehingga menimbulkan garis vertikal yang terlihat jelas di bagian dada,” kata Kate.

Tentu saja, tidak ada seorang pun yang terlahir dengan wajah simetris sempurna, tapi untungnya, menurutnya, risiko menjadi sangat miring sangatlah rendah, karena “tidak akan berdampak signifikan terhadap simetri mata dan bibir”.

Ahli bedah okuloplastik Dr Maryam Zamani juga berpendapat tidur berperan dalam asimetri wajah. “Tidur miring dapat menyebabkan tekanan berulang pada area tertentu, menciptakan kerutan dan memperburuk munculnya garis-garis dan kerutan pada sisi tidur yang disukai,” katanya.

“Ini memperburuk asimetri mata, bibir dan wajah.”

Ini mungkin berarti salah satu mata memiliki bentuk atau tinggi yang sedikit berbeda, atau salah satu sisi bibir lebih rendah dari sisi lainnya. Dr Zamani melanjutkan dengan mengatakan: “Seiring bertambahnya usia, asimetri menjadi semakin jelas dan, lebih jauh lagi, elastisitas kulit menurun, yang berarti garis-garis statis memerlukan waktu lebih lama untuk terhidrasi dan pulih kembali setelah tidur malam.”

Hal ini sama dengan garis senyuman, setiap orang memilikinya, namun semakin tua, semakin besar kemungkinan garis tersebut akan tetap ada setelah kamu selesai tersenyum dan akhirnya menjadi permanen.

Meskipun tidur menyamping adalah posisi yang paling umum, kita yang tidur tengkurap tampaknya akan mendapat kejutan yang lebih buruk. “Tidur tengkurap umumnya dianggap sebagai posisi tidur paling tidak sehat untuk kulit kamu,” kata Dr Dianni Dai dari Elan Laser Clinics London.

Ilustrasi wanita tidur

Photo :
  • vstory

“Wajah kamu menempel pada bantal, yang dapat menyebabkan kerutan dan jerawat (akibat hanya menggosok kulit kamu ke bantal). Hal serupa juga terjadi pada area décolleté, yang terkena dampak serupa akibat gesekan dengan bantal dan seprai.'

“Saat kamu tidur telentang, jelas tidak ada gesekan pada wajah,” kata Dr Dai. “Dan juga memungkinkan sirkulasi yang lebih baik yang dapat membantu mencegah penumpukan cairan di wajah, mengurangi risiko bengkak dan lingkaran hitam di bawah mata.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya