Konsumsi 6 Minuman Ini saat Perut Kosong, Drastis Turunkan Kolesterol Tinggi

Ilustrasi kolesterol .
Sumber :
  • Freepik/rawpixel.com

VIVA Lifestyle – Menurunkan kadar kolesterol secara alami sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung. Menerapkan pola makan ramah jantung yang mencakup makanan berserat tinggi seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian dapat membantu menurunkan kolesterol. 

Weekend ke Mana? Yuk, Nikmati Hidangan ala Gourmet Cocok Buat Temen Nongkrong

Memasukkan lemak yang menyehatkan jantung juga tak kalah penting, seperti alpukat, kacang-kacangan dan minyak zaitun. Selain itu, batasi juga konsumsi lemak jenuh dan lemak trans yang ada pada makanan olahan, serta olahraga teratur. Yuk, scroll untuk info selengkapnya.

Nah, selain makanan ada beberapa minuman yang bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi secara drastis. Dibuat dengan bahan-bahan alami, minuman-minuman ini disarankan untuk dikonsumsi saat perut kosong. Apa saja? Berikut 6 minuman yang wajib dicoba, dilansir Times of India, Kamis 23 November 2023. 

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

Perasan lemon dan jahe
Minum segelas air hangat yang dicampur perasan lemon dan satu sendok jus jahe di pagi hari saat perut kosong akan menjaga kadar kolesterol dalam tubuh tetap terkendali. Sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang terkandung dalam jahe dapat membantu menjaga kadar kolesterol. 

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

Susu kunyit
Minum segelas susu hangat dicampur bubuk kunyit di pagi hari saat perut kosong juga dapat membantu menjaga kolesterol tetap terkendali. 

Madu dan air bawang putih
Mencampurkan 3 siung pasta bawang putih dan 1 sendok madu ke dalam segelas air hangat serta meminumnya di pagi hari saat perut kosong, dapat mengurangi masalah kolesterol tinggi. 

Jus amla
Jus buah amla dikenal kaya akan vitamin C dan antioksidan. Meminumnya di pagi hari saat perut kosong, tidak hanya membantu menurunkan kolesterol tetapi juga menjaga kesehatan jantung. 

Ilustrasi tomat ceri

Photo :
  • Pixabay/Mareefe

Jus tomat
Jus tomat kaya akan serat, niasin, dan likopen, yang membantu mengendalikan jumlah kolesterol dalam tubuh kita. Oleh karena itu, pastikan untuk meminumnya. 

Teh hijau
Teh hijau yang mengandung antioksidan dan katekin yang dapat membantu mengendalikan jumlah kolesterol dalam tubuh dan juga membantu menurunkan berat badan. Jadi, hentikan kebiasaan minum teh biasa dan ganti dengan teh hijau yang lebih sehat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya