Waspada, 5 Makanan Ini Bisa Memperburuk Hipertensi atau Darah Tinggi

Hipertensi
Sumber :
  • Eat This

Jakarta – Sebelum membahas makanan yang dapat memperburuk kondisi hipertensi, penting untuk diingat bahwa informasi ini bukan untuk memberikan saran atau mendorong konsumsi makanan yang tidak sehat. 

5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

Sebaliknya, tujuan artikel ini adalah untuk memberikan kesadaran tentang jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh mereka yang memiliki tekanan darah tinggi. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan sebelum membuat perubahan signifikan dalam pola makan atau gaya hidup.

Garam Berlebihan

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Garam

Photo :
  • pixabay

Konsumsi garam berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah. Makanan yang tinggi garam meliputi makanan olahan, makanan cepat saji, dan camilan yang banyak mengandung garam. Pengurangan asupan garam dapat membantu mengendalikan tekanan darah.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Makanan Cepat Saji dan Makanan Olahan

Junk food

Photo :
  • Pinkvilla

Makanan cepat saji dan olahan seringkali mengandung kadar garam, lemak jenuh, dan kolesterol tinggi. Konsumsi berlebihan makanan ini dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Makanan Tinggi Lemak Jenuh

Lemak berlebih di perut indikasi obesitas.

Photo :
  • Unsplash

Lemak jenuh yang tinggi, terutama yang berasal dari makanan olahan, daging merah berlemak, dan produk susu tinggi lemak, dapat berkontribusi pada penumpukan plak pada dinding arteri. Hal ini dapat memperburuk kondisi hipertensi.

Alkohol Berlebihan

Ilustrasi Scotch whisky/minuman beralkohol.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

Konsumsi alkohol berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah. Selain itu, alkohol dapat mengganggu efek obat tekanan darah, sehingga meningkatkan risiko komplikasi pada penderita hipertensi.

Gula dan Karbohidrat Sederhana

Gula pasir

Photo :
  • Times of India

Konsumsi gula berlebihan dan karbohidrat sederhana dapat menyebabkan kenaikan berat badan, yang dapat memengaruhi tekanan darah. Makanan tinggi gula dan karbohidrat sederhana meliputi minuman bersoda, permen, dan makanan olahan yang mengandung gula tambahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya