Meninggal karena Komplikasi, Begini Awal Kiki Fatmala Didiagnosis Kanker Paru

Kiki Fatmala
Sumber :
  • Instagram @qq_fatmala

VIVA Lifestyle – Kabar duka datang dari artis senior Kiki Fatmala yang telah menghembuskan napas terakhirnya di usia 56 tahun pada Jumat 1 Desember 2023. Pemain film Si Manis Jembatan Ancol tersebut meninggal dunia karena komplikasi kanker yang dideritanya.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Kabar duka ini disampaikan oleh pihak keluarga lewat unggahan di Instagram sang aktris. Dalam pernyataan resmi yang dibagikan itu, keluarga Kiki Fatmala memohon pengertian dari publik bahwa mereka menginginkan privasi dan pengertian atas kondisi saat ini. Scroll untuk informasi selengkapnya.

Sekitar satu tahun yang lalu, Kiki Fatmala menjadi bintang tamu dalam podcast YouTube Maia Estianty. Di situ, ia bercerita bagaimana awal mula mengetahui sedang mengidap kanker paru stadium 4.

40 Ribu NIK KTP Warga Jakarta yang Sudah Meninggal Dinonaktifkan

Kiki Fatmala mengungkapkan terakhir kali melakukan check-up pada tahun 2019 lalu berhenti sampai 2020 karena pandemi COVID-19. Kemudian, ia mengetahui salah satu temannya mengidap kanker sehingga Kiki Fatmala pun berpikir untuk melakukan pemeriksaan yang sama. Ia kemudian langsung mengajak sang suami untuk memeriksakan diri di tahun 2021.

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

"Tahun 2021, aku bilang sama suami aku kita general check-up yuk. Temannya suami aku kena sakit kanker, ada dua orang laki-laki. Terus dia bilang begini, 'kayaknya kamu nanti general check-up aku mau masukkin cancer marker-nya'," ungkap Kiki Fatmala, mengutip video YouTube Maia ALELDUL TV, Jumat 1 Desember 2023.

Saat itu, Kiki Fatamala selalu merasa tubuhnya sehat seolah tidak punya penyakit apapun. Ia bahkan tidak merasa punya gejala-gejala yang mengarah pada penyakit kanker sebelumnya. Oleh sebab itu, Kiki Fatmala sangat terkejut saat dokter mengungkapkan bahwa dirinya mengidap kanker paru.

"Sebelum-sebelumnya tuh ngga pernah (periksa kanker). Cuma general check-up biasa. Akhirnya dicek, kita ke rumah sakit dicek semua pas keluar hasilnya, ada sesuatu di paru-paru. Masih 'apa, nih?' Dilanjutin di CT Scan ternyata dokter bilang 'wah ini kayaknya kanker'," ujarnya.

"Tapi belum tahu stadium berapa. Dengar kanker saja rasanya tuh duh takut. Tapi aku belum tahu kalau stadium 4," lanjutnya.

Akhirnya, kini Kiki Fatmala meninggal dunia akibat komplikasi kanker yang ternyata sudah lama ia derita. Pihak keluarga Kiki Fatmala telah membuat pernyataan yang berisi imbauan kepada para penggemar dan publik bahwasannya mereka meminta ruang dan privasi untuk mengenang Kiki Fatmala secara tenang dan intim.

"Di saat-saat sulit ini, keluarga kami memohon privasi dan pengertian atas rasa berduka dan kehilangan kami. Meskipun kami menghargai minat publik untuk menghormati kenangan beliau, kami memilih untuk menyelenggarakan layanan memorial yang tertutup dan pribadi hanya untuk keluarga dan teman-teman terdekat," kata pihak keluarga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya