BPJS Kesehatan Luncurkan Buku Mortalitas-Morbiditas, Gambarkan Kondisi Kesehatan Masyarakat

BPJS Kesehatan Luncurkan Buku Mortalitas-Morbiditas
Sumber :
  • VIVA / Isra Berlian

JAKARTA – Guna memudahkan para pemangku kepentingan dalam melakukan analisis kesehatan. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) meluncurkan Buku Tabel Mortalitas dan Morbiditas Penduduk Indonesia Tahun 2023.

5 Manfaat Luar Biasa Alpukat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Bisa Cegah Penuaan Dini

Direktur Utama BPJS, Ali Ghufron Mukti menjelaskan upaya dalam mengejar predikat Universal Health Coverage (UJC) membuat BPJS Kesehatan mengelola jumlah daya yang besar. Dari data tersebut, bisa dijadikan untuk mengetahui kondisi kesehatan masyarakat dan pengambilan kebijakan yang sesuai dengan dinamika populasi terus berubah. Scroll lebih lanjut ya.

"Saat ini Indonesia membutuhkan tabel mortalitas yang sesuai dengan karakteristik masyarakat. Apalagi penyelenggara program JKN dengan cakupan luas menghasilkan daya yang besar dalam pembentukan tabel mortalitas. Data tersebut bisa menggambarkan kondisi kesehatan penduduk Indonesia san membantu dalam pengembangan tabel yang akurat san relevan,” katanya, Senin 12 Desember 2023.

Ramalan Zodiak Jumat 26 April 2024: Taurus Harus Waspada dengan Rekan Kerja, Leo Kena Tekanan Mental

Ali Ghufron menyebut dengan menggunakan tabel morbiditas ini diharapkan seluruh pihak sapat bekerja dengan lebih baik dan presisi dalam menghadirkan produk-produk asuransi kesehatan terutama yang berkaitan dengan perlindungan atas risiko terjadinya penyakit kritis.

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Selain buku tabel mortalitas dan morbiditas pada kesempatan yang sama juga diluncurkan buku Profil Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan tahun 2014-2022. Buku tersebut merupakan sebuah summary dari telaah review pemanfaatan berkelanjutan yang dilakukan BPJS Kesehatan terhadap pelayanan kesehatan sebagai wujud dari rencana strategis BPJS Kesehatan pada kendali mutu dan kendali biaya terhadap program-program pelayanan kesehatan.

“Melalui peluncuran kedua buku tersebut, BPJS Kesehatan berkomitmen untuk terus mendukung pencapaian UHC melalui pengumpulan dan analisis daya yang akurat untuk pengambilan kebijakan berbasis data. Partisipasi aktif dan dukungan para pemangku kepentingan adalah muncul dalam upaya mewujudkan UHC di Indonesia,” ujar Ali Ghufron.

BPJS Kesehatan Luncurkan Buku Mortalitas-Morbiditas

Photo :
  • VIVA / Isra Berlian

Sementara itu, Direktu Perencanaan dan Pengembangan BPJS Kesehatan, Mahlil Ruby menjelaskan dalam penyusunan buku ini juga melibatkan kolaborasi dengan berbagai ahli di bidang akademisi, Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) serta mengakomodir masukan dari kementerian/lembaga. Tabel tersebut disusun berdasarkan data kepersertaan Program JKN periode 2018 sampai dengan 2022 yang telah mendekati populasi penduduk Indonesia.

“Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan dalam meningkatkan kualitas dan keakuratan data dalam tabel tersebut. Kami akan menyusun rencana pembaruan dan pengembangan secara komperhensif. Rencana ini menekankan pentingnya menjaga buku ini sebagai living document yang akan terus diperbarui dan disempurnakan seiring berjalannya waktu,” kata Mahlil. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya