Punya Banyak Manfaat, Segini Takaran Tepat Konsumsi Vitamin C

Ilustrasi suplemen vitamin C.
Sumber :
  • Pixabay

JAKARTA – Selain baik untuk kekebalan tubuh, sejak lama vitamin C dikenal sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Manfaat lainnya adalah untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dan tulang, membantu penyembuhan luka, serta meningkatkan produksi kolagen yang berfungsi untuk pemeliharaan jaringan tubuh.

5 Mitos Tentang Masturbasi, Benarkah Bisa Hilangkan Keperawanan?

Tidak hanya itu, vitamin C juga bisa mencegah penyakit kardiovaskular, masalah kesehatan prenatal, penyakit mata, bahkan membantu menyamarkan kerutan di kulit. Apa lagi? Yuk, scroll untuk informasi lebih lanjut. 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Seminars in Preventive and Alternative Medicine yang mengamati lebih dari 100 penelitian selama 10 tahun mengungkapkan, ada semakin banyak kemungkinan yang didapat dari vitamin C. 

Mengenal Tradisi Hantaran di Indonesia, Simbol Rasa Syukur dan Kasih Sayang

"Vitamin C telah mendapat banyak perhatian dan dengan alasan yang bagus. Kadar vitamin C yang lebih tinggi dalam darah mungkin merupakan penanda nutrisi yang ideal untuk kesehatan secara keseluruhan," kata peneliti studi, Mark Moyad, MD, MPH, dari University of Michigan, dilansir WebMD, Senin 11 Desember 2023. 

Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

"Semakin banyak kita mempelajari vitamin C, semakin baik pemahaman kita tentang betapa beragamnya vitamin C dalam melindungi kesehatan kita. Mulai dari kardiovaskular, kanker, stroke, kesehatan mata, kekebalan hingga hidup lebih lama," sambungnya. 

Berapa dosis tepat konsumsi vitamin C?
Batas aman untuk vitamin C adalah 2000 miligram sehari. Mengonsumsi 500 miligram setiap hari juga cenderung aman. Kekurangan vitamin C sendiri dikaitkan dengan beberapa masalah kesehatan, di antaranya kelemahan, anemia, memar, terjadi pendarahan, dan gigi goyang. 

Makanan adalah cara terbaik untuk mendapatkan semua nutrisi yang Anda butuhkan. Selain vitamin C, Anda akan mendapatkan sejumlah vitamin, mineral serta serat jika Anda mengonsumsi buah-buahan, sayuran, atau produk lainnya. 

Di sisi lain, Vitacimin dengan dukungan Kementerian Pemuda dan Olahraga menyelenggarakan Vitacimin Color Run 2023 sekaligus meluncurkan varian rasa Juicy Blueberry dan Tropical Fruit Punch. Acara ini diselenggarakan di Spark Senayan, Jakarta, diikuti oleh lebih dari 1.000 masyarakat umum dan para pegiat olahraga lari di Indonesia.

Inge Samadi, Presiden Direktur, PT. Takeda Indonesia, menjelaskan, Vitacimin Color Run 2023 adalah bagian dari kampanye 50+ Vitacimin SEHATI Indonesia yang merupakan komitmen dan rasa terima kasih kepada seluruh masyarakat atas kepercayaan yang sudah diberikan kepada Vitacimin selama lebih dari 50 tahun. 

"Kami bangga dapat terus membantu masyarakat memenuhi kebutuhan vitamin C semua kalangan dari anak-anak hingga dewasa baik laki-laki dan perempuan," ujar Inge dalam keterangannya. 

Dito Ariotedjo, Menteri Pemuda dan Olahraga, turut mengapresiasi komitmen Vitacimin sebagai sebuah brand yang dekat dengan kita dalam menyehatkan masyarakat dan mendukung kegiatan olahraga. 

"Sebelumnya, kami sudah bekerja sama dalam rangkaian Hari Olahraga Nasional. Dan pada kesempatan kali ini, kami dapat kembali berkolaborasi mengajak masyarakat untuk hidup sehat dengan berolahraga melalui Vitacimin Color Run," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya