Kasus Positif COVID-19 di Jakarta Naik, 14 Diantaranya Varian EG.4 dan EG.5

Obat untuk COVID-19
Sumber :
  • Times of India

JAKARTA – Kasus konfirmasi positif COVID-19 di DKI Jakarta kembali dilaporkan Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ngabila Salama menyebut ada 271 kasus baru positif dalam sepekan selama kurun waktu 4 hingga 10 Desember 2023. 

Penyakit Menular Arbovirosis Jadi Ancaman Baru, Menkes Budi: Lakukan 5 Hal Ini untuk Menanganinya

Sementara itu dari kurun waktu 27 November hingga 3 Desember 2023 ditemukan 80 kasus positif di DKI Jakarta dengan 90 persen bergejala ringan dan 1010 persen bergejala sedang dan dirawat di rumah sakit. Scroll lebih lanjut ya.

“Kondisi saat ini sangat terkendali. EG.4 dan EG.5 masih yang dominan ditemukan di Jakarta dengan masing-masing sudah 14 kasus ditemukan,” jelas dia dalam pesan singkatnya, Senin 11 Desember 2023.

WHO: Imunisasi Global Menyelamatkan 154 Juta Jiwa Selama 50 Tahun Terakhir

Sementara itu Ngabila mengungkap bahwa pemerintah mengimbau untuk kelompok rentan untuk segera melengkapi vaksinasi COVID-19 karena jika positif berpotensi besar terjadi keparahan atau meninggal: usia diatas 50 tahun, yang belum lengkap vansinnya, yang memiliki komorbid hipertensi, DM (Diabetes Milietus), stroke, penyakit jantung, gagal ginjal kronis, kanker, TBC, HIV, dan gangguan imunitas lainnya. 

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

“Mereka adalah orang-orang yang harus dipastikan vaksinasinya lengkap,” ujarnya.

Ilustrasi long COVID

Photo :
  • times of india

Ngabila juga mengungkap bahwa untuk lokasi  vaksinasi COVID-19 DKI Jakarta ada di Puskesmas Kecamatan DKI Jakarta di jam kerja. Sementara itu ada juga tambahan lokasi lainnya meliputi:

- RSUD Tarakan Jakarta Pusat Senin-Sabtu pada pukul 08.00-12.00

- Klinik PPKP Kantor Balaikota DKI Jakarta Senin-Jumat pada pukul 13.00-16.00

- Klinik Kantor Kesehatan Pelabuhan Tanjung Priok Senin-Jumat pada pukul 08.00-15.00

“Untuk usia 18 tahun ke atas, dosis 1,2,3,4 merk vaksin INAVAC (vaksin dalam negeri, halal, kendungannya inactivated virus seperti merk sinovac). Seluruh Faskes DKI Jakarta dapat melayani vaksinasi untuk KTP seluruh Indonesia. Info selengkapnya bisa cek setiap hari di Instagram @dinkesdki . Vaksin INAVAC belum bisa diberikan untuk ibu hamil dan ibu menyusui,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya