Khasiat Unik Bengkuang, Sayuran Ramah bagi Si Penderita Diabetes

Bengkoang
Sumber :
  • pondokibu.com

VIVA Lifestyle – Jelajahi manfaat bengkuang bagi kesehatan dan Anda akan dibuat terpesona dengan rasa dan manfaat nutrisinya dibaliknya. Ada banyak buah-buahan dan sayuran di dunia yang dapat membuat Anda lebih sehat.

5 Rekomendasi Makanan untuk Ibu Menyusui Agar ASI Lancar

Tanaman bengkuang yang dikenal dengan sebutan kentang Meksiko, merupakan salah satu sayuran tersembunyi yang banyak digunakan di Amerika Tengah. Bengkuang juga merupakan tanaman umbi-umbian berkulit coklat yang kaya akan manfaat bagi manusia.

Diabetes.

Photo :
  • Eat This
Keberadaan Astronot Terancam, Hal Mengerikan Ini Muncul di Luar Angkasa

Bagian tanaman yang dapat dimakan berada di bawah tanah dan merupakan umbinya. Ini juga disebut sebagai air Meksiko . Akar bengkuang kaya akan serat dan membantu Anda mengatur sel darah, gula darah, dan tekanan darah, sehingga merupakan makanan yang baik bagi mereka yang menderita penyakit kardiovaskular.

Manfaat bengkuang memang banyak, namun efek sampingnya juga harus diwaspadai. Baca terus artikel berikut ini mempelajari lebih lanjut tentang manfaat sayuran ini dan pengaruhnya secara keseluruhan terhadap tubuh dan pikiran Anda.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Nilai Gizi Bengkuan

Bengkuang adalah sayuran akar yang renyah dan berair yang berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Ia adalah anggota keluarga kacang-kacangan, dan nama ilmiahnya adalah Pachyrhizus erosus. Nama "bengkuang" berasal dari kata Nahuatl "xīcamatl," yang artinya "akar berbonggol."

Bengkuang adalah sayuran besar berkulit coklat yang panjangnya mencapai 20 inci. Daging bengkuang berwarna putih dan renyah. Rasanya sedikit manis, terkadang puncak, dan rasa pedas. Teksturnya mirip dengan kastanye air tetapi kurang encer.

Manfaat bengkuang yang bergizi dapat membantu tubuh dalam berbagai cara. Berikut nilai gizi bengkuang yang perlu Anda ketahui;

  1. Bengkuang memiliki 49 kalori per cangkir.
  2. 1 cangkir bengkuang mengandung 0,1 gram lemak. Jumlah ini mengandung 0 gram lemak jenuh dan 0 miligram kolesterol.
  3. Terdapat 5,2 miligram natrium, 195 miligram kalium, dan 11 gram total karbohidrat dalam 130g bengkuang. Ia memiliki 6 gram serat makanan, 2,3 gram gula alami, dan 0,9 gram protein.
  4. Seratus tiga puluh gram bengkuang juga menyumbang 43% dari nilai harian vitamin C, 1% dari nilai harian kalsium, 2% asam pantotenat, dan 4% dari nilai harian zat besi.
  5. Ini juga merupakan sumber Vitamin B6 yang sehat.   

Bengkuang

Photo :
  • Pixabay/pexels

Manfaat Bengkuang bagi Kesehatan

Makan sehat adalah kunci memiliki tubuh yang sehat. Meskipun berolahraga secara teratur menjaga kebugaran fisik Anda, makanan yang masuk ke dalam sistem Anda sangat penting dalam menentukan kesejahteraan Anda. Makanan apa pun yang Anda konsumsi harus memiliki ciri-ciri berikut agar sehat bagi tubuh.  

Serat

Serat sangat penting untuk kesehatan usus. Itu membuat usus besar bersih dan sehat. Serat juga membantu penyerapan air dan menjaga tubuh tetap ringan.

Prebiotik

Prebiotik adalah makanan bagi bakteri baik di perut Anda. Sebaliknya, mereka difermentasi oleh bakteri baik di usus. Mereka membantu meningkatkan kesehatan usus.

Probiotik

Probiotik adalah bakteri hidup, mirip dengan bakteri baik yang secara alami hidup di usus. Bakteri ini membantu memecah makanan kompleks dan menyerap nutrisi.

Antioksidan 

Antioksidan dapat membantu melindungi usus dari kerusakan. Senyawa ini juga menjaga jaringan ikat tetap muda.

Kaya Akan Air 

Air sangat penting untuk kesehatan usus. Ini membantu fungsi otot polos dan membantu mengeluarkan racun. Ini adalah salah satu manfaat bengkuang yang paling menonjol.

Bengkuang memiliki beberapa khasiat yang disebutkan di atas sehingga baik untuk tubuh. Ia juga memiliki banyak khasiat tambahan yang membuatnya lebih baik bagi penderita diabetes. Sayuran ini memiliki manfaat sebagai berikut untuk tubuh.

  1. Tinggi Serat: Serat bengkuang membantu pencernaan, penurunan berat badan, dan pengendalian gula darah. Oleh karena itu, ini membantu pergerakan serat yang tepat waktu dan membantu penyerapan air yang memadai. 
  2. Prebiotik: Bengkuang mengandung inulin, sejenis prebiotik yang memberi makan bakteri baik di usus Anda. Hal ini dapat membantu meningkatkan kesehatan usus dan kekebalan tubuh. Efek jangka panjang dari sayuran ini juga membantu melawan infeksi.
  3. Indeks Glikemik Rendah: Banyak sekali manfaat bengkuang bagi penderita diabetes. Bengkuang memiliki indeks glikemik rendah atau beban glikemik rendah. Itu tidak membuat kadar gula darah Anda naik. Anda juga bisa memakannya sebagai camilan goreng, dan tidak meningkatkan kadar gula.
  4. Sumber Antioksidan yang Baik: Bengkuang melindungi sel dari kerusakan. Kedua senyawa ini membantu melindungi lapisan dalam usus dan membuat Anda tetap sehat. Inilah salah satu manfaat bengkuang untuk kulit. 
  5. Melawan Kanker: Antioksidan dalam bengkuang dapat membantu melindungi terhadap kanker. Secara khusus, bengkuang telah terbukti menghambat pertumbuhan sel kanker usus besar.
  6. Meningkatkan Kesehatan Jantung: Bengkuang mengandung serat larut, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan membantu melawan penyakit jantung. Denyut jantung yang lebih tinggi memastikan tubuh Anda membakar lebih banyak lemak, dan melindungi hati Anda dari perkembangan sindrom hati berlemak.
  7. Meningkatkan Pencernaan: Serat dalam bengkuang dapat membantu menjaga sistem pencernaan Anda berjalan lancar. Semua ini karena kandungan serat bengkuang.
  8. Baik untuk Bakteri Usus Anda: Serat prebiotik dalam bengkuang dapat membantu meningkatkan keseimbangan bakteri di usus Anda. Ini dapat memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan, termasuk peningkatan pencernaan, kekebalan, dan suasana hati. Ini adalah salah satu manfaat paling penting dari bengkuang.
  9. Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan: Manfaat jus bengkuang termasuk rendah kalori. Makanan berserat tinggi ini dapat membantu Anda merasa kenyang.
  10. Sangat Serbaguna: Bengkuang bisa dimakan mentah, dimasak, atau diasamkan. Karena sayuran ini memiliki rasa umami, Anda bisa membuat berbagai macam bahan darinya. Orang yang sedang diet dapat dengan mudah mengonsumsinya tanpa rasa khawatir.

Alergi kulit.

Photo :
  • Pixabay/Chezebeate

Efek Samping Konsumsi Bengkuang                                                                                          

Memiliki rasa yang enak, siapa yang menyangka jika bengkuang ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Namun perlu diingat bahwa segala sesuatu yang sehat hanya dalam jumlah terbatas. 

Itu juga tergantung pada jenis penyakit yang Anda derita. Bengkuang merupakan sayuran sehat yang umumnya aman dikonsumsi. Efek samping bengkuang patut diwaspadai, terutama bagi orang yang memiliki masalah lambung. harus diwaspadai. 

  • Gas: Bengkuang merupakan makanan berserat tinggi yang dapat menyebabkan gas pada sebagian orang. Jika Anda sensitif terhadap serat, Anda mungkin ingin memulai dengan makan bengkuang dalam jumlah kecil dan secara bertahap meningkatkan asupannya.
  • Kembung: Bengkuang juga dapat menyebabkan kembung pada beberapa orang. Hal ini juga karena kandungan seratnya yang tinggi. Jika Anda rentan terhadap kembung, Anda mungkin ingin menghindari bengkuang atau memakannya dalam jumlah sedang.
  • Gangguan pencernaan: Bengkuang juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan pada beberapa orang. Pasalnya, ini merupakan makanan berserat tinggi yang sulit dicerna. Jika Anda memiliki perut sensitif, Anda mungkin ingin menghindari bengkuang atau memakannya dalam jumlah sedang.
  • Reaksi Alergi: Terkadang, orang mungkin mengalami reaksi alergi terhadap  bengkuang. Beberapa orang mengalami reaksi alergi akibat senyawa dalam sayuran umbi-umbian yang menyebabkan rasa gatal. Anda juga bisa merasakan gatal dan kemerahan di tenggorokan. Jika salah satu tetua keluarga mengalami masalah ini, Anda harus berhati-hati saat mengonsumsi bengkuang. Mulailah dengan porsi kecil dan baru kemudian lanjutkan dengan porsi yang lebih besar.

Cara Benar Mengolah Bengkuang

Jika Anda atau anggota keluarga Anda alergi terhadap sayuran umbi-umbian, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter keluarga Anda sebelum mengonsumsinya. Jika Anda menyukai rasa sayuran ini, Anda selalu bisa menemukan cara memakannya dengan cara yang benar.

  • Masak Bengkuang: Memasak Bengkuang dapat membantu memecah serat. Proses ini mempermudah pencernaan dan meningkatkan manfaat bengkuang. Memasak juga mengurangi senyawa berbahaya yang mengiritasi tenggorokan.
  • Rendam Bengkuang: Merendam bengkuang dalam air selama satu jam sebelum dimakan juga dapat membantu mengurangi kandungan seratnya. Kebanyakan sayuran kehilangan senyawa berbahaya yang larut dalam air dengan merendamnya dalam air.
  • Hindari: Hindari makan bengkuang jika Anda memiliki perut sensitif. Jika Anda memiliki perut sensitif, Anda mungkin ingin menghindari bengkuang atau memakannya dalam jumlah sedang.

Kesimpulan

Tidak ada keraguan bahwa manfaat bengkuang sangat bagus untuk kesehatan Anda. Sifat antioksidan dan kandungan seratnya semuanya menyehatkan. Ini membantu Anda tetap bugar sambil memastikan Anda mendapatkan nutrisi yang lezat.

Namun sayuran ini juga memiliki beberapa efek samping. Orang yang memiliki kecenderungan gula darah rendah sebaiknya menghindarinya karena dapat semakin menurunkan gula darah ke tingkat yang berbahaya.

Selain itu, orang yang memiliki masalah seperti kembung dan gas juga harus menghindari bengkuang. Sayuran ini sering menimbulkan gas bagi mereka yang tidak terbiasa makan banyak serat. Saat Anda mulai memakannya, Anda harus memulainya dari porsi kecil dan secara bertahap meningkatkan ukuran porsi Anda.                                                                                                                                                

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya