Kena Kolesterol di Usia Muda? Simak, Ini Cara Mengatasinya dan Bisa Ditemukan di Rumah

Ilustrasi kolesterol tinggi
Sumber :
  • Times of India

VIVA Lifestyle – Media sosial baru-baru ini dihebohkan oleh kisah seorang pemuda berusia 20 tahun yang harus mengidap beberapa penyakit di usianya yang terbilang muda.

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad

Imbas dari pola hidupnya yang buruk hingga seringnya konsumsi mie instan dan bakso tanpa menambahkan nasi dalam menu hariannya, membuat pemuda ini harus alami kolesterol dan serangan jantung. Parahnya lagi, pemuda yang diketahui bernama Malik ini jarang mengonsumsi air putih dalam sehari-harinya. 

Jangan khawatir, berikut ini kami bagikan cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi penyakit tersebut. Scroll untuk baca artikel selengkapnya dilansir dari berbagai sumber;

5 Mitos Tentang Masturbasi, Benarkah Bisa Hilangkan Keperawanan?

Ilustrasi kolesterol.

Photo :
  • antiksehatgue.blogspot.co.id/

Kolesterol

Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

Kolesterol adalah sejenis lemak yang ada dalam darah. Tubuh menggunakan kolesterol untuk melakukan berbagai aktivitas seperti menjaga dinding sel tetap fleksibel, mensintesis hormon, asam empedu dan vitamin D. 

Ada dua jenis kolesterol-Low-Density Lipoprotein (LDL) yang merupakan kolesterol jahat yang meningkatkan risiko Anda. penyakit jantung dan High-Density Lipoprotein (HDL) yang merupakan kolesterol baik yang mengurangi risiko penyakit jantung. 

Kelebihan berat badan, usia, riwayat keluarga, dan makanan kaya lemak jenuh dan trans merupakan faktor yang mempengaruhi kadar kolesterol Anda.  Kolesterol dapat menyebabkan penyumbatan arteri, namun dapat dikurangi dengan melakukan beberapa perubahan seperti mengikuti pola makan sehat dan berolahraga secara teratur. Berikut adalah daftar pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda menurunkan kadar kolesterol jahat secara alami dilansir dari times of india;

Kunyit

Kunyit membantu mengurangi plak atau timbunan kolesterol di dinding arteri. Tambahkan kunyit ke dalam kari Anda atau minum susu kunyit sebelum tidur untuk membantu mengurangi kolesterol jahat. Cara terbaiknya adalah dengan meminum setengah sendok teh kunyit dengan air hangat di pagi hari.

Teh hijau

Kunyit membantu mengurangi plak atau timbunan kolesterol di dinding arteri. Tambahkan kunyit ke dalam kari Anda atau minum susu kunyit sebelum tidur untuk membantu mengurangi kolesterol jahat. Cara terbaiknya adalah dengan meminum setengah sendok teh kunyit dengan air hangat di pagi hari.

Viral Bawang Putih Untuk Obat

Photo :
  • vstory

 Bawang putih

Bawang putih mengandung allicin konsentrasi tinggi, senyawa yang mengandung sulfur yang dikenal dapat menurunkan kolesterol total dan LDL secara signifikan. Kunyahlah beberapa siung bawang putih di pagi hari dan menjelang tidur secara rutin. Bawang putih mentah bekerja lebih baik daripada bawang putih matang.

Biji rami

Biji rami mengandung asam alfa-linolenat, asam lemak omega-3 esensial yang telah terbukti menurunkan kolesterol LDL, serta kadar trigliserida. Penelitian masih dilakukan untuk sepenuhnya mendukung klaim yang dibuat oleh beberapa ahli gizi. Tambahkan satu sendok makan bubuk biji rami ke dalam segelas air hangat atau susu dan aduk rata.

Minyak ikan

Minyak ikan adalah sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik. Asupan teratur asam lemak ini dalam bentuk ikan seperti makarel, salmon, trout danau, sarden, dan halibut membantu menurunkan kadar kolesterol dan risiko penyakit kardiovaskular. Jika Anda seorang vegetarian, mulailah mengonsumsi 100 mg tablet minyak ikan setiap hari.

Biji ketumbar

Ketumbar atau dhaniya kaya akan antioksidan tingkat tinggi yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Mereka memiliki banyak vitamin penting seperti asam folat, vitamin C, vitamin A dan beta-karoten. Rebus satu sendok teh biji ketumbar dalam air selama kurang lebih dua menit, lalu saring dan minum. Obat ini membantu menjaga kadar kolesterol tetap terkendali.

Cuka sari Apel

Cuka sari apel bertindak sebagai obat yang efektif untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda. Tambahkan satu sendok makan cuka sari apel ke dalam segelas air hangat. Campur dengan baik. Minumlah larutan ini setiap hari untuk hasil terbaik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya