Lucu Menggemaskan Tapi Sayang 3 Hewan Peliharaan Ini Bisa Tularkan Penyakit ke Manusia

Ilustrasi hewan peliharaan/anjing.
Sumber :
  • Freepik/rawpixel.com

JAKARTA – Memelihara hewan peliharaan di rumah umum dilakukan oleh masyarakat di berbagai penjuru dunia. Dengan memilihara binatang peliharaan di rumah, disebut memiliki banyak manfaat bagi si pemilik hewan peliharaan.

Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

Beberapa dampak baik memelihara hewan peliharaan antara lain berdampak baik untuk psikologis lantaran bisa mengusir rasa sepi, stres dan menyehatkan jantung. Bagi sebagian orang memelihara hewan peliharaan bagian dari keluarga yang juga butuh perhatian baik dari asupan makanan bergizi, kasih sayang dan kesehatan. 

Beberapa jenis hewan peliharaan yang umum dipelihara oleh masyarakat antara lain, anjing, hingga kucing. Hewan berbulu ini dianggap begitu lucu dan penurut sehingga banyak dijadikan sebagai peliharaan di rumah. 

Eko Patrio Ungkap Sakit yang Diidap Parto Hingga Harus Dioperasi

Namun tahukah Anda, ada beberapa hewan peliharaan yang dapat menularkan penyakit. Apa saja? Berikut ini rangkumannya dilansir dari tayangan Hidup Sehat Plus tvOne, Rabu 3 Januari 2023.

Keberadaan Astronot Terancam, Hal Mengerikan Ini Muncul di Luar Angkasa

1. Kucing

Ilustrasi tingkah laku lucu kucing

Photo :
  • petsnester.com

Bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan kucing di rumah sebaiknya tetap waspada. Sebab kucing dapat menyebabkan penyakit demam kucing hal ini biasanya disebabkan dari infeksi ringan dari luka bekas cakaran atau gigitan kucing oleh bakteri bartonella. Bakteri Bartonella menyebabkan beberapa penyakit pada manusia. Tiga penyakit yang paling umum adalah penyakit cakaran kucing.

2. Anjing

Boo, anjing paling lucu di dunia

Photo :
  • Everyvine

Anjing menjadi salah satu binatang peliharaan yang populer di kalangan masyarakat. Namun meski memiliki anjing ada baiknya untuk tetap waspada. Sebab anjing diketahui dapat menyebabkan rabies. Demi mencegah rabies, jangan lupa memberi vaksin rabies untuk mencegah rabies dari gigitan anjing 

Burung.

Photo :

Ada baiknya orang yang memilih burung sebagai peliharaan untuk tetap waspada. Sebab, burung dapat menyebabkan psitakosis atau demam burung. Hal ini lantaran adanya bakteri dalam kotoran burung yang menyebar ke manusia. Orang yang terserang psitakosis ini akan alami batuk berdarah, sesak nafas hingga nyeri sendi. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya