Apa Itu Frozen Shoulder? Dapat Sebabkan Seseorang Sulit Gerakan Bahu

Ilustrasi nyeri bahu dan pijat
Sumber :
  • osteoclinic

JAKARTA – Tidak sedikit dari kita mengeluhkan rasa nyeri dan kaku di area bahu yang menggangu. Terkadang rasa nyeri ini diartikan sebagai saraf kejepit.

ODGJ di Blora Bunuh Adiknya karena Bisikan Gaib

Namun ternyata nyeri dan kaku di area bahu ini bukan tentu saraf kejepit loh. Bisa jadi tanda dari frozen shoulder. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Frozen shoulder adalah nyeri dan kaku di area bahu yang membuat penderitanya sulit menggerakkan sendi bahu atau lengan atas. 

Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

Lantas apa yang membedakan antara frozen shoulder dengan nyeri bahu? Terkait hal itu, spesialis saraf, dr. Zicky Yombana, Sp.S angkat bicara.

Pria sakit punggung saat bangun tidur

Photo :
  • Eat This
Kasus Kabel Menjuntai Terjadi Lagi, Kali Ini Korbannya History Cally Power

Dijelaskannya, saraf kejepit sendiri terjadi di area leher bukan di bahu. Hal ini berbeda dengan frozen shoulder yang sakit atau nyerinya di bagian sendi saja.

"Saraf kejepit itu di area leher bukan di bahu. Saraf leher akan mempersarafi bahu, belikat sampai ke ujung jari, bahkan leher bagian atas. Kalau frozen shoulder hanya di sendinya saja bukan karena kabelnya bukan sendinya," kata dia dalam program Hidup Sehat tvOne, Kamis 11 Januari 2024. 

Untuk gejala yang ditimbulkan diantara keduanya juga berbeda. Diungkap Zicky gejala saraf kejepit paling sering adanya rasanya kaku dan cenderung pegal dan nyeri. 

Sementara itu, gejala frozen shoulder lebih kepada nyeri lokal di area gelang bahu dan tidak membatasi ruang gerak pasien.

Pijat

Photo :
  • http://www.onewed.com

"Saraf kejepit biasanya gerakannya masih relatif baik tapi sakitnya dominan. Kalau Frozen Sholuder nyeri lokal di gelang bahu, tidak bisa bebas menggerakkan tangan. Ketika terjadi adesif kapsulits, kapsul snedirinya kaku sehingga buat gerakannya terbatas enggak bisa angkat, ke belakang," kata dia.

Dijelaskan oleh Zicky penyebab dari frozen shoulder ini terjadi lantaran hal-hal sepele dalam kehidupan masyarakat yang jarang disadari. Misalnya saat tengah duduk menyetir mobil.

Anda ingin mengambil sesuatu di kursi belakang. Namun sayangnya barang tersebut sulit diraih, alhasil Anda memaksa tangan Anda untuk menjangkau barang tersebut.

“Didiemin nih lama-lama frozen shoulder. Kemudian orang yang pakai bantal tebal lebih dari satu itu bisa sebabkan masalah," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya