Teh atau Kopi, Mana yang Lebih Baik Diminum Pagi Hari?

Perbedaan dari kopi dan teh.
Sumber :

VIVA Lifestyle – Kandungan kafein dalam kopi dibutuhkan oleh tubuh sebagai pembangkit semangat dan penambah fokus. Oleh sebab itu, banyak orang minum kopi di pagi hari sebelum memulai aktivitas.

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

Namun jika berbicara tentang minuman pagi yang lebih sehat, teh adalah pemenangnya. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Minuman yang satu ini juga sangat disarankan sebagai pengganti kopi yang lebih baik untuk dikonsumsi pada pagi hari.

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

Meskipun kopi dan teh menawarkan manfaat kesehatan, ada alasan tertentu mengapa beberapa orang menganggap teh sebagai pilihan yang lebih baik di pagi hari dibandingkan dengan kopi.

Melansir Health Shots, Ahli Gizi bernama Avni Kaul menyebutkan ada 5 alasan mengapa teh jauh lebih baik diminum pagi hari daripada kopi.

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Teh Peppermint (Mint)

Photo :
  • Pixabay

1. Menurunkan kandungan kafein

Kafein memang memberi Anda energi, tetapi berbahaya jika tidak dikonsumsi dalam jumlah sedang. Kandungan kafein dalam teh lebih rendah dibandingkan kopi, jadi minum teh memberikan manfaat yang lebih baik bagi tubuh.

"Teh biasanya mengandung lebih sedikit kafein dibandingkan kopi. Meskipun kafein dapat memberikan dorongan energi awal, terlalu banyak kafein dapat menyebabkan kegelisahan, kecemasan, dan gangguan pola tidur.

Teh menawarkan asupan kafein yang lebih ringan, sehingga mengurangi risiko efek samping ini," kata Kaul.

2. Kebangkitan tubuh

Kebanyakan orang merasa sedikit malas ketika bangun di pagi hari. Kopi memberikan aliran energi instan yang mungkin tidak terlalu baik mengingat tubuh merasa mengantuk di pagi hari.

"Teh mengandung asam amino yang dikenal sebagai L-theanine, yang memiliki efek menenangkan dan dapat mengimbangi efek stimulasi dari kafein. Hal ini dapat menyebabkan pengalaman bangun yang lebih bertahap dan lembut dibandingkan dengan sentakan kopi yang terkadang tiba-tiba," ujarnya.

Kopi hitam dan teh hijau

Photo :
  • Times of India

3. Hidrasi

Dehidrasi merupakan masalah kronis pada kopi jika tidak ditangani dengan baik. Kondisi ini lebih akut pada musim dingin, mengingat konsumsi cairan tubuh berkurang pada puncak bulan-bulan musim dingin.

Kopi bersifat diuretik, artinya dapat menyebabkan peningkatan produksi urin dan potensi dehidrasi.

Teh, di sisi lain, berkontribusi terhadap hidrasi, karena sebagian besar terdiri dari air. Tetap terhidrasi di pagi hari sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

4. Peningkatan antioksidan

Teh, khususnya teh hijau, kaya akan antioksidan yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan, termasuk mendukung sistem kekebalan tubuh dan melindungi sel dari kerusakan. Meskipun kopi juga mengandung antioksidan, jenis dan jumlahnya mungkin berbeda.

Kopi dan teh.

Photo :
  • Pixabay/ Line-tOodLinGfc

5. Sensitivitas lambung

Kopi mungkin lebih asam dibandingkan teh, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan perut bagi sebagian orang. Teh cenderung lebih lembut di perut, menjadikannya pilihan yang lebih disukai bagi mereka yang sensitif terhadap asam atau masalah pencernaan.

Pada akhirnya, pilihan antara kopi dan teh di pagi hari bergantung pada preferensi individu, toleransi terhadap kafein, dan pertimbangan kesehatan.

Moderasi itu penting dan mendengarkan respons tubuh terhadap setiap minuman dapat membantu menemukan minuman yang paling cocok untuk rutinitas pagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya