Mana yang Lebih Baik Antara Susu UHT dan Susu Formula untuk Anak? Begini Kata Pakar Gizi

Dokter Juwalita Surapsari dan Dokter Ray Wagiu Basrowi
Sumber :
  • dok. Istimewa

Jakarta – Susu sapi adalah sumber protein hewani dengan nutrisi lengkap sehingga bisa membantu mengurangi risiko penyakit. Bahkan, peranan susu ini sangat penting dalam masa pertumbuhan anak karena memiliki kandungan asam amino yang berpengaruh pada kecerdasannya. 

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Untuk itu, di tengah berbagai variasi kategori dan jenis susu yang ada, masyarakat masih memerlukan edukasi supaya bisa memaksimalkan nutrisi susu. Pada masa kini, ada beragam jenis susu dengan berbagai manfaat, seperti susu UHT, susu pertumbuhan, dan ASI. 

Sebagian besar orang tua tentu saja akan memilih untuk memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan pertama anak mereka. Sebab, ASI memang mengandung berbagai vitamin, zat besi, mineral, dan protein lengkap yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak

Banyak Anak ke Sekolah Tak Sarapan, Ahli Gizi: Padahal Bisa Dukung Prestasi Akademik

Dokter Juwalita Surapsari dan Dokter Ray Wagiu Basrowi

Photo :
  • dok. Istimewa

Namun, ada pula yang lebih memilih untuk memberikan susu pertumbuhan atau susu formula untuk si kecil yang berusia di atas satu tahun jika dibandingkan dengan susu segar atau UHT. Hal ini juga dijelaskan oleh dr Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK dalam acara yang digelar Sarihusada. 

Pakar Gizi Paparkan Pentingnya Zat Besi untuk Pertumbuhan Fisik dan Kognitif Anak

“Kalau kita bicara ASI, ASI adalah superfood untuk bayi usia 0-6 bulan jadi mutlak, itu yang paling sesuai kebutuhan bayi sampai 6 bulan,” kata dokter Juwalita dalam acara bertema Pentingnya Cek Nutrisi untuk Dukung Tumbuh Kembang Maksimal Anak di Menteng, Jakarta Pusat. 

Sementara itu, jika dibandingkan antara ASI, susu UHT, dan susu pertumbuhan, dr Juwalita memberikan imbauan yang harus dicermati karena setelah ASI eksklusif, orang tua harus memberikan mpasi yang berkualitas untuk pertumbuhan anak dengan susu pertumbuhan. 

“Sesuai dengan hari gizi nasional, mpasi yang berkualitas adalah kaya protein hewani. Pemenuhan mineral itu dari apa aja sih sebetulnya. Jadi, memberikan edukasi tentang mpasi juga harus kenceng supaya anak ini bisa melalui masa transisi yang tadinya hanya ASI sampai akhirnya dia bisa makan padat dengan baik,” paparnya.

Dokter Juwalita Surapsari dan Dokter Ray Wagiu Basrowi

Photo :
  • dok. Istimewa

Di sisi lain, Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK mengatakan bahwa susu pertumbuhan yang baik adalah yang mengandung IronC atau kombinasi unik Zat Besi & Vitamin C. Sebab, menurut penelitian yang telah dilakukan, anak yang mengonsumsi susu tersebut bisa berkembang optimal. 

“Dalam penelitian kami dengan FKUI, anak-anak yang mengonsumsi ironC terbukti dapat mencukupi kandungan zat besinya, mencegah anemia, dan memastikan tumbuh kembangnya lebih baik dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi susu pertumbuhan,” ujarnya. 

“Dalam momentum Hari Gizi Nasional, kami harapkan bisa lebih banyak lagi masyarakat yang teredukasi tentang pola makan dengan gizi seimbang dalam upaya mencegah anemia dan stunting agar anak-anak Indonesia dapat tumbuh dengan maksimal untuk jadi anak generasi maju,” tutupnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya