Berapa Kali Batas Makan Mi Instan dalam Seminggu, Simak Ini Penjelasannya

Mie instan.
Sumber :
  • Freepik

VIVA Lifestyle – Mi instan adalah makanan olahan yang terbuat dari adonan tepung terigu atau tepung beras, yang telah melalui proses pengukusan, penggorengan, dan pengeringan. Ini membuatnya bisa langsung disajikan dengan menambahkan air panas dan bumbu yang sudah disediakan dalam kemasannya.

7 Manfaat Luar Biasa Buah Pepaya untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Mudahnya dalam proses pembuatan membuat mie instan menjadi makanan favorit semua kalangan. Tak heran, jika mie instan menjadi salah satu makanan cepat saji yang banyak digandrungi orang. 

Tidak hanya mudah menyajikannya, mi instan juga memiliki rasa yang menggugah selera. Tapi ingat, sebelum tergoda dengan nikmatnya mi instan kalian juga perlu tahu kira-kira buruk tidak ya mi instan bagi kesehatan? Daripada penasaran, scroll artikel berikut ini yang telah kami lansir dari berbagai sumber.

10 Makanan Wajib Dihindari Jika Ingin Awet Muda Seperti Ade Rai, Nomor 2 Paling Sulit

Apakah Mi Instan Buruk bagi Kesehatan?

5 Manfaat Menakjubkan Mengonsumsi Air Kelapa Setiap Hari, Bisa Jaga Kesehatan Jantung

Mengonsumsi mi instan dalam jumlah sedang mungkin tidak menimbulkan efek negatif bagi kesehatan. Namun, nilai gizinya rendah, dan seringnya konsumsi mungkin disebabkan oleh kualitas makanan yang buruk.

Mi instan adalah makanan cepat saji yang populer dimakan di seluruh dunia. Meskipun tidak mahal dan mudah disiapkan, terdapat kontroversi mengenai apakah obat ini mempunyai efek buruk terhadap kesehatan atau tidak.

Ini karena mengandung sedikit nutrisi dan tinggi natrium dan MSG. Artikel ini membahas kemungkinan efek mi instan terhadap kesehatan.

Apa Itu Mi Instan?

Mi instan adalah sejenis mi yang dimasak sebelumnya, biasanya dijual dalam kemasan atau cangkir dan mangkuk tersendiri. Bahan-bahan khas dalam mi antara lain tepung, garam, dan minyak sawit. Kemasan penyedap umumnya mengandung garam, penyedap rasa, dan monosodium glutamat (MSG).

Setelah mi dibuat di pabrik, mi tersebut dikukus, dikeringkan dan dikemas. Setiap kemasan berisi satu blok mi kering serta sebungkus penyedap rasa dan/atau minyak untuk bumbu. Pembeli memasak atau merendam balok mi dalam air panas beserta penyedapnya sebelum memakannya.

Ilustrasi mie instan

Photo :
  • Pixabay

Fakta Gizi Mi Instan

Meskipun terdapat banyak variasi antara berbagai merek dan rasa mi instan, sebagian besar jenis mi instan memiliki kesamaan nutrisi.

Sebagian besar jenis mi instan cenderung rendah kalori, serat, dan protein, dengan jumlah lemak, karbohidrat, natrium, dan zat gizi mikro tertentu yang lebih tinggi. Satu porsi mi ramen rasa daging sapi mengandung nutrisi berikut (2):

  • Kalori: 188
  • Karbohidrat: 27 gram
  • Lemak total: 7 gram
  • Lemak jenuh: 3 gram
  • Protein: 4 gram
  • Serat: 0,9 gram
  • Natrium: 861 mg
  • Tiamin: 43% dari RDI
  • Folat: 12% dari RDI
  • Mangan: 11% dari RDI
  • Besi: 10% dari RDI
  • Niasin: 9% dari RDI
  • Riboflavin: 7% dari RDI

Perlu diingat bahwa satu paket ramen berisi dua porsi, jadi jika Anda memakan seluruh paket sekaligus, jumlah di atas akan menjadi dua kali lipat. Dicatat bahwa ada beberapa varietas khusus yang dipasarkan sebagai pilihan yang lebih sehat. Ini mungkin dibuat dengan menggunakan biji-bijian atau memiliki jumlah natrium atau lemak yang lebih rendah.

Mie Instan Mengandung MSG

Melansir laman Healthline.com kebanyakan mie instan mengandung bahan yang dikenal sebagai monosodium glutamat (MSG), bahan tambahan makanan yang umum digunakan untuk meningkatkan rasa pada makanan olahan.

Meskipun FDA mengakui MSG aman untuk dikonsumsi, potensi dampaknya terhadap kesehatan masih kontroversial. Di AS, produk yang mengandung tambahan MSG diharuskan mencantumkannya pada label bahannya.

MSG juga secara alami ditemukan dalam produk-produk seperti protein nabati terhidrolisis, ekstrak ragi, ekstrak kedelai, tomat dan keju. Beberapa penelitian mengaitkan konsumsi MSG yang sangat tinggi dengan penambahan berat badan dan bahkan peningkatan tekanan darah, sakit kepala, dan mual.

Namun, penelitian lain tidak menemukan hubungan antara berat badan dan MSG ketika orang mengonsumsinya dalam jumlah sedang. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa MSG dapat berdampak negatif terhadap kesehatan otak.

Sebuah penelitian tabung menemukan bahwa MSG dapat menyebabkan pembengkakan dan kematian sel-sel otak yang matang. Namun demikian, penelitian lain menunjukkan bahwa MSG dalam makanan kemungkinan besar hanya berdampak kecil pada kesehatan otak, karena MSG dalam jumlah besar pun tidak mampu melewati sawar darah-otak.

Meskipun MSG mungkin aman dalam jumlah sedang, beberapa orang mungkin sensitif terhadap MSG dan harus membatasi asupannya. Kondisi ini dikenal dengan gejala kompleks MSG. Penderitanya mungkin mengalami gejala seperti sakit kepala, otot tegang, mati rasa, dan kesemutan.

Kesimpulannya, meskipun MSG aman untuk dikonsumsi, Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat, membeberkan bahwa MSG berpotensi memiliki dampak terhadap kesehatan.

Berapa Kali Batas Makan Mie Instan dalam Seminggu?

Menurut ahli Gizi Universitas Surabaya, Tri Kurniawati, sebaiknya makan mi instan tidak lebih dari 2 bungkus dalam seminggu.

"Mi instan juga bisa berbahaya bagi kesehatan, hal ini dikarenakan dalam satu porsi mi instan biasanya mengandung lemak dan natrium yang tinggi, namun rendah serat, vitamin dan mineral. Pola konsumsi mie instan berpengaruh positif terhadap obesitas abdominal dan hiperkolesterolemia," ungkap Tri, dikutip VIVA.co.id dari laman um-surabaya.ac.id pada Selasa 30 Januari 2024.

Namun jika konsumsi mi instan dalam jumlah sedang, kemungkinan besar tidak akan menimbulkan efek kesehatan yang negatif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya