Deretan Fakta di Balik Fenomena Gancet yang Terjadi Saat Berhubungan Badan

Ilustrasi seks.
Sumber :
  • Bigthink

Jakarta – Kita pasti pernah mendengar kabar dan selalu menjadi perbincangan di media sosial jika ada pasangan kedapatan bercumbu dan tidak bisa dilepaskan, hingga disebut-sebut mengalami gancet. Dalam istilah medis, gancet merupakan kondisi yang disebut penis captivus.

Mengenal Dickmorphia, Istilah Bagi Kaum Pria yang Khawatir dengan Ukuran Penis Kecil

Apa itu gancet atau penis captivus?

Menurut laporan dari Healthline, gancet atau penis captivus adalah keadaan dimana penis tersangkut atau terjepit di dalam vagina selama berhubungan seks. Hal ini bisa terjadi ketika otot vagina menekan lebih kuat dari biasanya.

Terpopuler: Hal yang Dilakukan Suami Jika Istri Hyperseks sampai Bahaya Pijat Perbesar Penis

Viral Video Pasangan Gancet, (YouTube/Gus Idris Official)

Photo :

Berikut adalah beberapa fakta terkait dengan kondisi gancet atau penis captivus yang VIVA lansir dari Healthline dan sumber tambahan lainnya:

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Bagaimana Gancet Bisa Terjadi?

Penis captivus biasanya terjadi selama berhubungan seks. Hal ini disebabkan oleh penis yang terus membesar selama ereksi sebelum mencapai orgasme. Selain itu, dinding vagina yang terdiri dari otot-otot juga akan meregang dan berkontraksi selama berhubungan seks. Otot-otot vagina mungkin juga berkontraksi lebih kuat saat orgasme terjadi.

Kadang-kadang, otot vagina dapat berkontraksi lebih kuat dari biasanya, menyebabkan penyempitan pada lubang vagina. Penyempitan ini bisa menghalangi penis untuk dikeluarkan, terutama jika penis masih dalam kondisi ereksi.

Setelah orgasme, otot vagina akan mulai mengendur. Ketika pria juga mencapai orgasme, darah akan mengalir keluar dari penisnya dan ereksi akan mereda. Pada saat ini, penis dapat dikeluarkan kembali.

Orang yang mengalami penis captivus mungkin akan saling terikat untuk sementara waktu. Oleh karena itu, penting untuk tetap tenang dan membiarkan otot-otot rileks untuk membantu melepaskan ikatan.

Penis captivus sering kali merupakan efek dari vaginismus, yaitu kondisi dimana otot-otot vagina mengalami kontraksi yang kuat sehingga vagina menutup sendiri.

Bagaimana Rasanya?

Ilustrasi pasangan sesama jenis (homoseksual)

Photo :
  • Istimewa.

Penis captivus tidak mungkin menyakiti Anda atau pasangan Anda. Saat ereksi mereda, tekanan pada penis akan turun, dan ketidaknyamanan akan berhenti. Demikian juga, saat kontraksi berakhir, otot harus cukup rileks agar lubang vagina kembali ke ukuran normal.

Saat terjebak bersama, penting untuk tidak melakukan apa pun yang dapat menyakiti Anda atau menyebabkan rasa sakit tambahan. Itu berarti Anda tidak boleh mencoba secara paksa melepaskan diri dari pasangan Anda. Pelumasan tambahan juga tidak mungkin memperbaiki situasi.

Sebaliknya, cobalah untuk tetap tenang dan biarkan otot-otot tersebut rileks sendiri. Meskipun mungkin terasa lebih lama, kebanyakan pasangan hanya akan terjebak selama beberapa detik.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Ilustrasi seks.

Photo :
  • Bigthink

Jika Anda mengalami ini, panik dapat menyebabkan upaya menarik penis secara paksa, dan itu bisa menyebahkan lebih banyak rasa sakit serta ketidaknyamanan.

Kebanyakan pasangan hanya akan terjebak selama beberapa detik, jadi berikan diri Anda istirahat dari tindakan tersebut. Tarik napas dalam-dalam beberapa kali, dan otot akan cenderung mulai rileks.

Jika Anda tetap buntu setelah beberapa menit, hubungi bantuan medis darurat. Seorang dokter atau penyedia layanan kesehatan mungkin dapat menyuntikkan pelemas otot ke Anda atau pasangan untuk membantu meringankan kontraksi.

Namun, jika ini terus terjadi, beri tahu dokter Anda pada kunjungan berikutnya untuk mengetahui penyebab yang mendasari, seperti vaginismus atau masalah aliran darah, yang dapat berkontribusi pada situasi yang tidak biasa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya